Inilah Tips Dalam Membeli AC yang Bagus dan Berkualitas

Air Conditioner atau yang biasa disingkat dengan AC merupakan pendingin ruangan yang sangat popular di Indonesia dan banyak digunakan di rumah – rumah, perkantoran, bahkan perhotelan sekalipun. Ditambah lagi dengan suhu tropis di mayoritas wilayah di Indonesia, menjadi faktor pendukung populernya AC di kalangan masyarakat.

Melihat potensi tersebut, banyak perusahaan AC yang mengenalkan produknya di negeri ini. Hal itu secara tidak langsung membuat para konsumen bingung untuk menentukan AC mana yang akan mereka beli. Jadi mau tidak mau kita sebagai konsumen harus lebih jeli dalam memilih AC yang akan kita beli tersebut.

Baca juga: service ac jogja

Nah pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara memilih AC yang bagus dan membuat Anda sebagai konsumen akan puas dengan AC yang Anda beli tersebut. Apa sajakah caranya? Berikut pembahasannya:

  1. Carilah AC yang lebih hemat listrik

Kebanyakan orang lebih memilih AC yang memiliki harga murah dibandingkan memilih AC yang mahal harganya. Padahal AC yang harganya lebih mahal tersebut biasanya memiliki kelebihan hemat energy atau hemat listrik. AC yang hemat listrik biasanya AC yang dilengkapi dengan teknologi inverter. Teknologi inverter ini saat ini ramai digunakan oleh perusahaan – perusahaan produsen AC.

Enlighten Me

Enlighten Me

Yang membedakan AC yang dilengkapi inverter dengan AC yang tidak dilengkapi inverter yaitu AC inverter lebih cepat dalam mengubah suhu ruangan menjadi suhu yang diinginkan, listrik yang digunakan pada waktu AC dihidupkan pertama kali 3x lebih kecil bila dibandingkan dengan AC yang tidak dilengkapi inverter tersebut.

Selain itu, AC yang dilengkapi inverter lebih hemat listrik karena sumber daya yang digunakan 3o% lebih kecil jika dibandingkan dengan sumber daya untuk AC biasa. Dan kelebihan yang terakhir adalah berkurangnya resiko terjadinya fluktuasi temperatur, karena AC yang dilengkapi inverter biasanya hampir bisa dipastikan aman dari fluktuasi temperatur tersebut.

  1. Carilah AC yang dilengkapi dengan plasmacluster

Di zaman yang serba canggih ini, banyak perusahaan AC yang melengkapi ACnya denga teknologi – teknologi baru, yang mana salah satunya dengan teknologi plasmacluster. AC yang dilengkapi dengan plasmacluster memiliki manfaat untuk membunuh virus dan bakteri yang berada dalam ruangan tempat AC itu berada. Jadi sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih AC jenis ini bila mau membeli AC.

Ampuh tidaknya teknologi tersebut juga telah dibuktikan di Indonesia. Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu universitas di Indonesia yang menguji kemampuan teknologi plasmacluster tersebut. Di salah satu laboratorium biologi kampus tersebut, para ahli mencoba meneliti keefektifan kemampuan teknologi tersebut dalam membunuh virus, jamur dan bakteri yang ada dalam suatu ruangan.

Eksperimen tersebut dilakukan dalam ruangan yang memiliki luas 320 meter persegi dan memiliki kelembaban rata – rata sekitar 80%. Ternyata hasil yang diperoleh sungguh memuaskan. Ion positif dan ion negatif yang dikandung oleh plasmacluster mampu membunuh semua virus, jamur dan bakteri yang bersemayam dalam ruangan tersebut hanya dalam jangka waktu 6 jam.

  1. Pahami lebih dulu jenis AC yang bagus

Jenis AC yang aman, bagus dan ramah lingkungan adalah jenis AC yang harus Anda perhatikan dan utamakan. Jenis AC yang harus Anda utamakan adalah AC split dan AC central.

  1. Carilah AC yang ukuran evaporatornya paling besar

Semakin besar evaporator AC menunjukkan bahwa AC tersebut mempunyai kemampuan lebih cepat mendinginkan ruangan bila dibandingkan dengan AC yang evaporatornya lebih kecil. Selain itu, AC dengan evapolator besar tidak akan menimbulkan suara yang berisik saat dinyalakan karena mempunyai ukuran kipas yang besar dan lebar.

Itulah cara – cara memilih AC yang bagus dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply