Sate Madura dan Cara Mudah untuk Membuatnya

Assalamu’alaikum sahabat. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kita semua selalu dalam naungan rahmat dan hidayah Allah SWT. Pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi tentang salah satu kuliner khas Madura, yaitu sate Madura dan cara pembuatannya. Baiklah tanpa panjang kata lagi saya akan langsung mulai pembahasannya.

Madura merupakan salah satu pulau di provinsi Jawa Timur yang mempunyai makanan yang khas dan disukai oleh banyak orang. Salah satunya yaitu sate Madura. Seperti yang kita ketahui, sate berupa potongan-potongan daging yang ditusuk dengan lidi khusus dan kemudian dipanggang sampai masak dengan diberi bumbu-bumbu khusus. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan daging kelinci. Yang membedakan antara sate Madura dengan sate lainnya terletak pada bumbu yang dilumuri pada sate tersebut yang berupa bumbu kacang ditambah kecap. Hal itulah yang sangat mempunyai peran khusus dalam rasa gurih dan lezatnya sate Madura ini. Bumbu itulah yang melumuri beragam jenis daging baik untuk bumbu sate ayam, kambing, sapi atau jenis daging lainnya. Sate yang juga menjadi hidangan spesial Idul Adha dan tahun baru ini juga biasanya disajikan dengan dilengkapi acar dari irisan bawang merah, mentimun dan cabai rawit. Sate dapat disantap langsung atau dapat dimakan dengan nasi hangat, lontong atau ketupat.

Alat dan Bahan yang Harus Disiapkan

Cara membuat sate ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan siapapun tanpa harus jadi orang Madura. Kita cuma perlu menyiapkan alat-alat berikut ini :

  1. Daging yang sesuai dengan selera kita (daging sapi, kambing, atau ayam).
  2. Lidi khusus untuk menusuk daging tersebut, biasanya di Madura namanya
  3. Arang dan tempat pemanggang.
  4. Sebotol kecap, minyak kelapa.
  5. Bawang merah, cabe rawit.
  6. Garam dan kacang tanah yang sudah digoreng.
  7. Jeruk nipis, ulekan.
  8. Dan yang terakhir nasi putih atau lontong.

Cara Pembakaran Sate

www.foody.id

www.foody.id

Daging dipotong-potong berbentuk persegi lalu ditusuk pakai tusuk sate. Tiap tusuk diisi minimal 5 potong daging. Kemudian tuang kecap ke piring dan dicampur minyak kelapa sambil siapkan pemanggang dengan arang diatasnya lalu arang tersebut mulai dibakar. Setelah pemanggang nyala, olesi sate dengan campuran minyak kelapa dan kecap kemudian langsung ditaruh diatas pemanggang sambil dikipas dan dibolak balik sampai setengah matang. Kemudian diangkat dan kita olesi lagi dengan kecap yang udah dicampur minyak kelapa dan taruh lagi diatas pemanggang sampai matang. Setelah matang taruh sate tersebut diatas piring dan kita tinggal menyiapkan bumbu kacang sebagai persiapan terakhir sebelum sate tersebut disantap.

Cara Menyiapkan Bumbu Kacang yang Praktis

www.zinepool.com

www.zinepool.com

Setelah menyiapkan sate, sekarang kita tinggal menyiapkan bumbu kacang yang membuat sate Madura berbeda dengan sate lainnya. Disini aku akan menyuguhkan cara yang paling mudah untu membuat bumbu kacang tersebut. Caranya yaitu sebagai berikut :

Ambil kacang goreng yang sudah kita siapkan dan taruh di ulekan. Kemudian beri garam dan cabe rawit secukupnya lalu diulek sampai halus dan bercampur semua. Kemudian tuangkan kecap secukupnya dan ambil jeruk nipis yang sudah disiapkan lalu diperas dicampur dengan bumbu kacang tersebut. Dan ambil pula bawang merah yang kita siapkan lalu diiris dan ditaruh ke dalam ulekan. Setelah itu baru dituangkan air dan diaduk sampai bercampur semuanya dan tuangkan diatas piring yang sudah berisi sate tadi. Sate Madura pun siap untuk disantap dengan nasi atau lontong yang sudah kita siapkan di awal tadi bersama keluarga sahabat semua.

Begitulah sahabat cara membuat sate Madura. Mudah kan? Demikianlah informasi tentang sate Madura dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Wassalamu’alaikum sahabat.

Leave a Reply