Peralatan Memanah yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pemanah Pemula

Memanah merupakan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan. Dibandingkan dengan bidang olahraga yang lain, memanah termasuk ke dalam kategori olahraga yang menantang. Hal itu disebabkan karena dalam memanah mengharuskan pemanah bisa menembak sasaran dengan sangat tepat.

Untuk bisa memanah sasaran dengan tepat, para pemanah disarankan untuk tekun berlatih memanah dan memiliki peralatan memanah yang lengkap. Bagi Anda yang baru mau memulai belajar memanah, ada beberapa peralatan memanah yang harus Anda persiapkan. Apa saja peralatan memanah tersebut? Berikut ini pembahasannya:

Panah (Bow)

Alat pertama yang harus dimiliki oleh pemanah adalah panah atau yang biasa disebut dengan bow. Bow merupakan alat utama yang harus dimiliki oleh para pemanah. Bow yang bagus dan cocok untuk pemula adalah bow yang memiliki laminasi, working recurve dan centershoot.

Collider

Collider

Bow yang sering digunakan untuk menembak atau memburu terdapat dua jenis yaitu take down bow dan single piece bow. Take down bow merupakan jenis panah yang paling disukai karena mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Bagi pemanah pemula, memiliki jenis panah yang satu ini sangat dianjurkan karena panah jenis ini dapat ditambah limb dengan cara bertahap dan hal itu lebih menguntungkan daripada membeli panah yang lengkap.

Ada dua hal yang harus Anda perhatikan ketika membeli bow, yaitu length dan draw weight. Draw weinght yang paling dianjurkan bagi pemanah pemula adalah 15-25 pound. Dan untuk lengthnya dianjurkan tidak kurang dari 58 # supaya stabil. Sedangkan untuk panjang bow yang dianjurkan adalah sesuai dengan archer’s draw. Pemanah dengan short draw akan lebih cocok menggunakan panah yang lebih pendek dan begitu pula sebaliknya.

Adapun panjang panah yang direkomendasikan untuk digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pemanah dengan draw 24” atau kurang dianjurkan memakai bow dengan panjang 60-64”.
  2. Untuk pemanah dengan draw 25-26 dianjurkan memakai bow dengan panjang 65-66”.
  3. Untuk pemanah dengan draw 27-28 dianjurkan memakai bow dengan panjang 67-68”.
  4. Untuk pemanah dengan draw 29” atau lebih dianjurkan memakai bow dengan panjang 69-70”.

Bow String

Bagi pemanah pemula sangat dianjurkan untuk menggunakan string yang terbuat dari dacron yang mana center servingnya terbuat dari mulfilament nylon serving thread. Karena jika memakai string yang center servingnya terbuat dari monofilament nylon akan dapat membuat jari Anda sakit dan akan menimbulkan masalah-masalah teknis yang lain.

Untuk bow string sendiri memiliki banyak varian warna. Anda bisa memilih warna yang paling Anda sukai atau setidaknya paling enak dilihat. Dan untuk nomor stand dalam string sebaiknya menggunakan sesuai petunjuk berikut ini:

  1. Untuk bow 20# sebaiknya menggunakan string dengan nomor stand 8.
  2. Untuk bow 20-35# sebaiknya menggunakan string dengan nomor stand 10.
  3. Untuk bow 35-45# sebaiknya menggunakan string dengan nomor stand 12.
  4. Untuk bow 45-55# sebaiknya menggunakan string dengan nomor stand 14.

Bagi pemanah pemula biasanya menggunakan bow dengan jenis semi recurry. Dan untuk bow jenis ini memerlukan string yang memiliki tinggi 6”. Namun apabila pemanah menggunakan jenis working recurry, maka sebaiknya menggunakan string dengan tinggi 4-4,5” atau dengan kata lain lebih pendek daripada bownya.

Anak Panah (Arrow)

Peralatan memanah yang ketiga adalah anak panah. Terdapat 3 jenis anak panah yang biasa dipakai oleh pemanah professional, yaitu anak panah yang terbuat dari kayu, fiberglass dan aluminium. Tiap jenis anak panah tersebut mempunyai karakteristik dan ciri-ciri tersendiri. Dalam memilih arrow ada dua hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu ukuran shaft dan ukuran bow yang Anda pakai.

Cara mengetahui panjang shaft adalah dengan mengukur panjang draw dari shooter. Dan untuk mengetahui draw length adalah dengan cara menaruh arrow yang sudah ditandai dengan inchi. Bagi pemanah pemula sebaiknya memilih panjang draw yang lebih panjang 1 inchi dari ujung panah. Dan jika panjangnya sudah diketahui, pilihlah ukuran arrow yang tepat.

Sedangkan untuk memilih berat panah yang tepat bisa menerapkan cara melihat manufaktur spine arrow yang Anda inginkan. Kalau dibolehkan, coba dulu arrow sebelum Anda membelinya.

Itulah beberapa peralatan memanah yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply