4 Penyebab Kanker Otak dan Gejalanya

Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna di alam semesta ini. Hal itu dikarenakan manusia diberi satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya yaitu akal pikiran. Dan organ tubuh yang berfungsi menghasilkan berjuta-juta akal pikiran, membuat manusia bisa berpikir adalah otak.

Otak merupakan salah satu organ terpenting manusia yang letaknya berada di dalam tengkorak bagian atas. Dan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Sang Pencipta, maka kita harus benar-benar menjaga segala pemberian-Nya kepada kita, termasuk otak.

Sebab, kalau kita tidak menjaga otak kita dengan baik, maka kemungkinan otak kita akan terserang penyakit-penyakit otak, dan salah satu yang paling berbahaya adalah kanker otak.

Pengertian

Kanker otak merupakan tumor yang telah sampai pada tahapan tumor ganas yang menyerang bagian otak manusia dan biasanya cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang. Tumor otak terjadi karena merupakan hasi pertumbuhan sel DNA di otak secara tidak stabil dan tidak terkendali hingga melampaui batas.

Faktor Penyebab

Kanker otak merupakan salah satu penyakit kelas atas sehingga wajar jika para penderita penyakit ini sangat takut dan pesimis dengan kelanjutan hidupnya. Tapi jika kita mengetahui lebih dini faktor-faktor yang bisa menyebabkan penyakit ini, mungkin kita bisa menjaga otak kita dengan cara menghindari faktor-faktor penyebab tersebut. Faktor-faktor penyebab terjadinya kanker otak adalah sebagai berikut :

  1. Kurangnya asupan nutrisi untuk otak kita
  2. Kecanduan rokok, alkohol, dan zat-zat adiktif seperti narkoba, sabu-sabu, heroin, dan yang semacamnya
  3. Sering terkena radiasi telepon genggam, tv, dan laptop atau komputer
  4. Pola makan yang tidak sehat

Setelah menghindari faktor penyebab diatas, jangan lupa untuk juga selalu menjaga kesehatan otak kita dengan cara mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, dan perbanyak makan makanan yang kaya dengan omega seperti telur dan ikan laut.

Gejala Penyakit Kanker Otak

www.labroots.com

www.labroots.com

Seperti halnya penyakit-penyakit lainnya, kanker otak juga menunjukkan beberapa gejala yang terjadi bagi para penderitanya. Gejala-gejala tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Sering sakit kepala

Tidak semua sakit kepala menunjukkan indikasi kanker otak. Biasanya sakit kepala yang mengindikasikan penyakit ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Sakit kepala ini biasanya merupakan hal baru bagi anda dan berbeda dengan sakit kepala yang biasa terjadi pada diri anda.
  • Ada gejala lain yang mengikuti sakit kepala anda seperti mual, muntah dan sering pusing.
  • Biasanya sakit kepala langsung menyerang ketika kita baru bangun tidur di pagi hari.
  • Sakit kepala yang kita rasakan, lama-kelamaan semakin keras sakitnya sampai-sampai kita tidak kuat menahannya.
  1. Sering kejang-kejang

Gejala selanjutnya yaitu kejang-kejang. Hal ini biasanya datang di waktu yang sulit diprediksi atau bisa dikatakan terjadi secara mendadak.

Bila hal ini terjadi biasanya orang tersebut akan kehilangan kesadaran dan juga kehilangan kontrol terhadap anggota-anggota tubuh serta akan menggigit lidahnya ketika kejang-kejang.

  1. Mengalami gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan yang terjadi pada penderita kanker otak, biasanya berbeda dengan gangguan mata yang terjadi secara umum. Gangguan ini terjadi karena saraf mata yang berada di otak terganggu dengan adanya tumor otak.

  1. Sering muntah

Gejala muntah yang mengindikasikan penyakit kanker otak yaitu biasanya terjadi pada waktu pagi tanpa didahului mual dan biasanya diikuti oleh sakit kepala.

  1. Mengalami perubahan mental

Para pengidap penyakit ini biasanya akan mengalami perubahan pada mentalnya. Hal ini dikarenakan penyakit ini membuat otak kehilangan banyak memori dan tidak bisa berfungsi secara normal dan maksimal.

  1. Sulit bergerak

Dengan adanya penyakit ini dalam otak, maka membuat otak tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dan salah satu fungsi otak adalah sebagai motor penggerak tubuh. Jadi bisa dipastikan para penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan dalam bergerak.

Demikianlah sedikit informasi seputar kanker otak. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum sahabat.

 

One Response

  1. Ahmad 25/01/2017

Leave a Reply