Penyakit Kanker dan Penyebabnya

Assalamu’alaikum sahabat. Bagaimana kabar kalian semua pada hari ini? Semoga kesehatan selalu menyertai kehidupan kita. Hari ini saya akan membahas tentang salah satu penyakit yang paling menakutkan dalam hidup ini atau lebih tepatnya tentang penyakit kanker. Baiklah tanpa panjang kata lagi saya akan langsung mulai pembahasannya.

Definisi Kanker

Kanker atau dalam bahasa inggris disebut cancer adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di zaman modern ini. Seperti yang kita ketahui, tubuh manusia terdiri dari sel-sel yang berfungsi membantu kerja organ-organ tubuh. Dan sel-sel tersebut mempunyai peran yang sangat penting untuk kesehatan setiap organ manusia. Akan tetapi sel-sel tersebut bisa rusak dan bisa terputus dengan jumlah yang tidak terkontrol. Hal tersebut berpengaruh negatif pada keseimbangan tubuh dan bisa menimbulkan penyakit di dalam tubuh manusia.

Penyakit yang ditimbulkan karena putusnya sel atau mutasi pada sel ialah penyakit kanker. Jadi penyakit kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana DNA sel yang bermutasi, kemudian membelah tanpa kontrol melalui proses mitosis dan menyerang jaringan lain.

Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui pembuluh darah dan sel limpa. Pada waktu yang bersamaan sel-sel kanker melakukan reproduksi yang lebih cepat dari sel-sel lainnya karena memiliki rentang hidup yang cukup singkat. Oleh karena itu, kanker bisa menyebabkan banyak kerusakan hanya dalam waktu yang singkat, dan jika sudah sampai pada tahap tertentu tidak akan bisa dikendalikan lagi.

Ada berbagai macam penyakit kanker, tergantung di bagian tubuh mana yang jumlah selnya terputus dengan jumlah yang banyak. Hal itu menjadikan penyakit kanker menjelma menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa seseorang jika tergolong parah.

Tapi banyak masyarakat yang tidak mengetahui hal tentang kanker. Biasanya mereka menganggap bahwa tumor itu adalah kanker, padahal tidak semua tumor itu adalah kanker. Tumor mempunyai pengertian benjolan asing yang timbul di bagian dalam atau luar tubuh manusia. Dan tumor sendiri terbagi 2 yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dan yang masuk kategori kanker adalah tumor yang sudah ganas tersebut, sedangkan yang jinak masih belum bisa disebut kanker.

Dengan melihat gaya hidup orang zaman sekarang, kemungkinan terkena penyakit kanker jadi lebih besar. Dan mayoritas yang terkena penyakit ini biasanya orang-orang yang berumur 40 tahun keatas. Hal itu dikarenakan sistem imunitas tubuh seseorang biasanya sudah mulai menurun bila sudah mencapai usia tersebut dan juga sel-sel di dalam tubuhnya juga mulai banyak yang fungsinya menurun. Sehingga kita harus mulai membiasakan diri kita sejak muda menjaga tubuh kita agar tidak banyak zat-zat buruk yang masuk kedalamnya.

Penyebab Kanker

freeimages.com

freeimages.com

Hal-hal yang bisa menimbulkan dan menjadi penyebab penyakit kanker sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Biasanya penyebab penyakit tersebut merupakan kombinasi dari 4 hal dibawah ini, yaitu :

1. Gaya hidup yang kurang sehat

Dengan banyaknya makanan cepat saji atau junkfood di sekitar kita,bisa dipastikan mau tidak mau kita akan mengkonsumsi makanan tersebut. Padahal makanan tersebut mempunyai banyak dampak buruk bagi tubuh kita. Salah satunya bisa merangsang sel-sel kanker yang ada dalam tubuh kita untuk aktif dan mengganas. Karena pada dasarnya di dalam tubuh kita sudah terdapat sel-sel kanker tapi masih belum aktif. Dan makanan-makanan tersebut bisa menjadi pemicu untuk mengaktifkan sel-sel tersebut. Selain makanan, ada juga hal lain yang bisa memicu sel kanker tersebut, salah satunya yaitu radiasi barang-barang elektronik. Dan penggunaan barang elektronik yang berlebihan bisa mengakibatkan si pengguna menderita penyakit kanker suatu saat nanti.

2. Lingkungan yang buruk

Lingkungan buruk yang dimaksud disini yaitu lingkungan yang banyak mengandung radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor dan asap-asap yang lain. Merokok misalnya, bisa menyebabkan kanker paru-paru bukan hanya kepada si pengguna tapi juga kepada orang-orang yang berada di dekatnya sewaktu merokok, bahkan bisa dikatakan kemungkinan terkena penyakit tersebut lebih besar bagi si perokok pasif daripada si perokok aktif.

3. Faktor keturunan

Faktor ini juga menjadi salah satu penyebab penyakit kanker pada seseorang. Kanker yang bisa diturunkan antara lain kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar dan kanker rahim. Jadi bila kita memiliki ayah atau ibu yang terkena kanker, kita harus juga segera memeriksakan diri kita ke laboratorium sebagai langkah pencegahan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

4. Dampak virus tertentu

Penyakit kanker juga bisa menyebar lewat virus. Beberapa jenis virus yang diprediksi bisa menyebabkan kanker antara lain sebagai berikut :

• Virus hepatitis B menyebabkan kanker hati.
• Virus sitomegalo menyebabkan kanker sistem pembuluh darah.
• Virus papilloma menyebabkan kanker rahim pada wanita.

Tanda-Tanda Umum Penderita Kanker

Setelah mengetahui tentang faktor-faktor penyebabnya kita perlu juga untuk mengetahui tanda-tanda umum yang terjadi pada orang yang mengidap kanker. Tanda-tanda tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Munculnya benjolan daging di tubuh

Tanda umum dan awal kanker yaitu munculnya benjolan daging di tubuh kita. Tapi tidak semua benjolan bisa dikatakan gejala kanker. Benjolan yang bisa dikatakan sebagai gejala kanker biasanya akan semakin membesar dan kalau sudah membesar akan terasa sakit meskipun hanya disentuh sedikit.

2. Berat badan turun secara drastis

Penderita kanker biasanya akan mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa diketahui sebabnya. Oleh karena itu bila kita mengalami hal ini tanpa pernah melakukan diet maka harus langsung memeriksakannya ke rumah sakit terdekat.

3. Munculnya rasa sakit di benjolan daging yang tumbuh

Benjolan daging yang tumbuh di tubuh kita bisa masuk kategori gejala kanker jika benjolan tersebut semakin besar dan menimbulkan rasa sakit yang sangat bila disentuh meskipun cuma sedikit. Jika hal itu sudah terjadi maka kemungkinan kanker yang dideritanya telah menjadi kanker yang ganas.

4. Keluarnya darah dari mulut, hidung, alat kelamin, atau anus secara tiba-tiba atau tidak normal

Hal ini bisa mengindikasikan diri terkena kanker tapi bisa juga tidak. Tapi untuk lebih hati-hati, jika mengalami hal ini terus-menerus dan dalam jangka waktu yang berdekatan maka langsung saja kita periksakan di rumah sakit terdekat.

Jenis-Jenis Kanker

insiderlouisville.com

insiderlouisville.com

Sebagaimana yang kita ketahui, kanker merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Dan biasanya kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian seseorang di negara berkembang, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis penyakit kanker. Jenis kanker ada dua yaitu kanker awal atau jinak dan kanker ganas. Yang perlu digarisbawahi disini adalah jenis kanker ganas, karena kalau tidak segera ditangani maka kemungkinan untuk sembuh sangat kecil dan bisa mengancam nyawa si penderita. Sedangkan kanker jinak bila segera ditangani kemungkinan sembuhnya sangat besar dan tergolong mudah untuk disembuhkan.

Macam-Macam Penyakit Kanker

Berikut ini beberapa macam penyakit kanker yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia :

Kanker payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang banyak diderita oleh wanita Indonesia. Penyakit ini menyerang sel atau jaringan yang ada di dalam payudara. Dan biasanya akan muncul benjolan daging pada permukaan kulitnya. Hal itu membuat kita bisa dengan mudah mengetahui indikasi awal kanker payudara dan langsung mengobatinya baik dengan pengobatan herbal, kemoterapi, atau operasi untuk mengambil jaringan atau sel kankernya agar tidak menjalar ke tempat lain.

Jadi wajib bagi wanita untuk selalu merawat dan menjaga payudaranya agar selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Sekedar himbauan bagi para wanita, seringlah periksa payudara anda dengan cara merabanya secara keseluruhan, untuk mencari apakah ada benjolan daging yang tidak normal yang tumbuh di sekitar payudara anda. Sehingga anda bisa waspada dan bisa mengobatinya sejak masih berstatus kanker jinak.

Kanker Rahim

Kanker Rahim ini juga sering diderita oleh para wanita di Indonesia. Jenis kanker ini biasanya banyak diderita oleh wanita-wanita yang tidak pernah melahirkan anak dan mempunyai kelebihan berat badan. Jadi bagi para wanita tersebut harus lebih berhati-hati dan terutama harus menjaga pola makan yang sehat. Bila tiba-tiba mengalami pendarahan vagina (selain haid), maka harus segera memeriksakannya ke rumah sakit terdekat. Dan gejala lain yang bisa dijadikan pacuan awal untuk mendeteksi kanker Rahim yaitu sering mengalami nyeri di pinggul dan di perut bagian bawah, sering mengalami nyeri ketika melakukan hubungan suami istri, dan berat badan mengalami penurunan secara drastis.

Kanker otak

Jenis kanker ini merupakan jenis kanker yang diawali dengan muncul dan tumbuhnya tumor di dalam otak. Dan biasanya hal ini terjadi dikarenakan banyaknya radiasi barang-barang elektronik yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang bagian otak kita. Kanker jenis ini biasanya merupakan kanker sekunder. Artinya sel kanker berasal dari organ tubuh lain dan menyebar ke otak.

Kanker otak terbagi menjadi 4 kategori. Kalau masih berada dalam kategori atau stadium pertama dan kedua, biasanya masih bersifat jinak dan belum bisa dikatakan kanker. Tapi apabila telah masuk ke stadium 3 dan 4 maka bisa dikatakan kanker karena telah bersifat ganas.

Gejala-gejala yang biasanya dialami oleh para penderita kanker otak yaitu sering mengalami sakit kepala, kejang-kejang, kesulitan berjalan, hidung atau mulut mengeluarkan darah secara tidak normal, penglihatan mengalami perubahan secara tidak normal, kepribadian mengalami perubahan, dan sulit untuk berbicara.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru biasanya disebabkan karena banyak menghirup asap-asap yang mengandung racun, seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap-asap lainnya. Gejala kanker paru-paru yang paling umum yaitu batuk berdarah, sesak nafas dan berat badan turun secara drastis.

Kanker serviks

Sesuai dengan namanya, penyakit ini terdapat pada serviks yang menjadi penghubung antara uterus dengan vagina. Dan wanita yang biasanya terjangkit penyakit ini berusia dibawah 50 tahun. Gejala yang menunjukkan indikasi terjangkit penyakit ini antara lain adalah keluarnya darah yang tidak normal pada vagina, munculnya bercak darah ketika menstruasi, dan terlalu sering mengalami keputihan. Bila gejala tersebut belum terjadi pada diri anda, saya sarankan untuk melakukan pencegahan secara dini, yaitu dengan cara melakukan tes pap mulai pada umur 22 tahun dan jika hasilnya normal maka untuk selanjutnya lakukan tiap 3 tahun sekali. Tapi jika gejala tersebut telah terjadi pada diri anda maka segeralah periksa ke rumah sakit terdekat.

Demikianlah sahabat informasi yang bisa saya berikan mengenai penyakit kanker. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum sahabat.

2 Comments

  1. Jarwadi MJ 15/03/2016
  2. Ahmad 26/01/2017

Leave a Reply