14 Manfaat Shalat yang Wajib Kita Ketahui

Assalamu’alaikum sahabat. Bagaimana kabar kalian? Semoga Allah selalu memberikan kesehatan untuk kalian semua. Pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi seputar shalat dan manfaat-manfaatnya bagi kita. Baiklah tanpa panjang kata lagi saya akan langsung mulai pembahasannya.

Definisi shalat

Shalat dalam islam merupakan salah satu wujud dari rasa syukur seorang hamba kepada Allah, yang telah menciptakannya dan memberinya banyak kenikmatan.Shalat secara bahasa mempunyai arti mengagungkan. Sedangkan pengertian shalat menurut syara’ adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Ucapan yang dimaksud adalah bacaan-bacaan al-Qur’an, takbir, tasbih, dan do’a. Sedang yang dimaksud dengan perbuatan adalah gerakan-gerakan dalam shalat misalnya berdiri, ruku’, sujud, duduk, dan gerakan-gerakan lain yang dilakukan dalam shalat.

Menurut Hasbi ash-Shiddieqy shalat yaitu beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah, menurut syarat-syarat yang telah ditentukan.Yang dimaksudkan shalat dalam pengertian ini adalah tidak hanya sekedar shalat tanpa adanya penghayatan atau berdampak sama sekali dalam kehidupannya, akan tetapi yang dimaksud dalam pengertian ini adalah shalat fardlu yang didirikan dengan khusyu’ yakni shalat yang nantinya akan berdampak positif terhadap orang yang melaksanakannya.

Pengertian shalat yang dimaksudkan lebih kepada ta’rif shalat yang menggambarkan ruhus shalat (jiwa shalat); yaitu berharap kepada Allah dengan sepenuh jiwa, dengan segala khusyu’ dihadapan-Nya dan ikhlas untuk-Nya serta hadir hati dalam berdzikir, berdo’a dan memuji. Inilah ruh atau jiwa shalat yang benar dan sekali-kali tidak disyari’atkan shalat karena rupanya, tetapi disyari’atkan karena mengingat jiwanya (ruhnya).

Khusyu’ secara bahasa berasal dari kata khasya’a-yakhsya’u-khusyu’an, atau ikhta dan takhasysya’a yang artinya memusatkan penglihatan pada bumi dan memejamkan mata, atau meringankan suara ketika shalat.  Khusyu’ secara bahasa juga bisa diartikan sungguh-sungguh penuh penyerahan dan kebulatan hati; penuh kesadaran hati.

Arti khusyu’ itu lebih dekat dengan khudhu’ yaitu tunduk dan takhasysyu’ yaitu membuat diri menjadi khusyu’. Khusyu’ ini dapat terjadi baik pada suara, badan maupun penglihatan. Tiga anggota itulah yang menjadi tanda (simbol) kekhusyu’an seseorang dalam shalat.

Khusyu’ menurut istilah syara’ adalah keadaan jiwa yang tenang dan tawadhu’ (rendah hati), yang kemudian pengaruh khusyu’ dihati tadi akan menjadi tampak pada anggota tubuh yang lainnya.  Sedang menurut A. Syafi’i khusyu’ adalah menyengaja, ikhlas dan tunduk lahir dan batin; dengan menyempurnakan keindahan bentuk/sikap lahirnya, serta memenuhinya dengan kehadiran hati, kesadaran dan pengertian (penta’rifan) segala ucapan bentuk/sikap lahir itu.

Jadi secara utuh yang dimaksudkan oleh penyusun dalam judul penelitian ini adalah mengatasi persoalan-persoalan yang berhubungan dengan psikis sehari-hari seperti masalah rumah tangga, perkawinan, lingkungan kerja, sampai masalah pribadi dengan membiasakan shalat yang dilakukan dengan khusyu’.

Dengan kata lain dalam penelitian ini  akan dibahas tema shalat sebagai mediator untuk mengatasi segala permasalahan manusia sehari-hari yang berhubungan dengan psikis, karena shalat merupakan ibadah dan kewajiban yang paling penting dalam sistem keagamaan Islam.

Shalat 5 waktu

Sudah menjadi kewajiban sehari-hari untuk umat muslim melaksanakan sholat. Pasalnya kegiatan ini menjadi penentu apakah ia orang muslim atau orang kafir. Bukan hanya sekali saja mengerjakannya, namun setiap hari ada 5 waktu sholat. Dimana waktu tersebut tidak dilakukan secara bersamaan. Namun sesuai dengan jam matahari, yaitu:

1. Sebelum matahari terbit

2. Ketika matahari sedikit tergelincir ke arah barat

3. Ketika matahari berada di barat

4. Ketika matahari terbenam

5. Ketika matahari hilang sama sekali dan diganti dengan malam

Bukan tanpa maksud Tuhan menciptakan 5 waktu ini untuk bermunajat kepadaNya. Sebab diwaktu-waktu itulah terdapat manfaat ketika seseorang menjalankan sholat. Gerakan yang diajarkan juga bukan sembarang pola tingkah asal asalan. Gerakan-gerakan ini juga mengandung banyak manfaat di dalamnya. Dan dalam pelaksanaannya berbeda antara laki-laki dan perempuan. Kalau laki-laki diwajibkan melaksanakan shalat berjamaah ke masjid sedangkan bagi perempuan cukup sholat di rumah saja karena dikhawatirkan akan terjadi fitnah.

Manfaat shalat 5 waktu

sholat

ahmadnasikun.wordpress.com

Di dalam mengerjakan shalat 5 waktu, kita harus bisa lebih mengutamakannya daripada kegiatan yang lain. Maksudnya bila adzan sudah berkumandang kita harus menghentikan semua kegiatan yang kita kerjakan dan langsung bersiap-siap untuk shalat. Jika kita bisa mengerjakannya secara benar dan sesuai yang disyariatkan kita pasti akan mendapat banyak manfaat yang diantaranya sebagai berikut:

1. Menjauhkan diri dari keburukan

Manfaat shalat ternyata mampu menjauhkan anda dari perbuatan keburukan. Adanya pertalian erat dihati anda dengan Sang Kuasa memberikan kepercayaan, bahwa segala sesuatu kegiatan anda selalu dilihat oleh-Nya. Untuk itu saat anda hendak melakukan dosa, pasti akan berfikir ulang. Hal ini mengurungkan diri anda untuk melakukan dosa.

2. Ada kejadian ajaib di hari anda

Keajaiban akan terjadi saat anda melakukan shalat dengan ikhlas dan khusyuk. Pernahkan anda merasa segala urusan anda menjadi mudah? Segala yang anda cita-citakan semakin mudah diraih? Itulah contoh salah satu keajaiban yang insyaAllah akan terjadi dalam hidup anda. Sebab Allah sudah mengatakan bahwa ‘Barang siapa yang menolong agama Allah, maka Allah akan menolong hambanya.

3. Gerakan shalat mencegah Osteoporosis

Salah satu cara untuk mencegah pengeroposan tulang diusia senja dengan mengonsumsi banyak kalsium dan fosfor. Ternyata peneltian baru ini menyebutkan bahwa melalui sholat, anda juga mempu terhindar. Sebab gerakan shalat diwujudkan sebagai salah satu senam ringan yang dilakukan setiap hari selama 5 waktu. Belum lagi yang melaksanakan kegiatan sunnah. Dengan terbiasanya anda melakukan senam saat umur 7 tahun sampai tua, tentu sudah menjadi bekal diri untuk menghindari osteoporosis.

4. Waktu paling ijabah kala berdoa

Waktu yang paling disukai dan dinantikan malaikat adalah ketika subuh. Maka saat itu para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan shalatnya umat mu’min (QS. Al-Isra :78). Bahkan ketika saat itu anda memohon dan meminta doa, maka malaikat juga membantu mendoakannya agar dikabulkan oleh Allah Subhannahu wata’ala.

5. Obat jantung dan ginjal oleh Dzuhur

Manfaat sholat bagi kesehatan yang anda dapatkan ketika melakukan shalat dhuhur tepat waktu adalah mengurangi resiko penyakit jantung dan ginjal. Sebab pada saat ini keadaan bumi mulai panas, bahkan ada energi semacam api yang keluar. Keadaan bumi inilah yang mampu mempengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaan anda.

6. Wujud terapi dengan Ashar

Fungsi shalat ashar tepat waktu ini ternyata mampu mengelompokkan zat kimia tubuh secara auto self. Warna alam kala waktu ashar juga telah mengoranye. Hal ini sangat baik untuk keadaan organ dalam anda seperti prostat, rahim, ovarium, serta testis. Singkat halnya sangat membantu perkembangan sistem reproduksi anda. Sesungguhnya saat anda melakukan gerakan sholat ini ada siklus yang berpindah. Yakni dari panas ke suhu dingin. Biasanya yang dilakukan ketika melakukan terapi kandung kemih.

7. Menjaga ginjal dengan Mahgrib

Salah satu sholat yang paling jarang ditinggalkan oleh sebagian umat islam. Apalagi ketika anda melakukan puasa ramadhan. Melakukan shalat mahgrib ternyata mampu digunakan untuk terapi kondisi ginjal anda, sebab ada energi alam yang keluar pada waktu itu.

8. Menentramkan dengan Isya

Salah satu keistimewaan anda melakukan shalat isya adalah mendapatkan ketentraman jiwa. Sebab intensitasnya sama dengan sistem kontrol otak yang sedang bekerja. Secara psikologis, bagi mereka yang sering melupakan shalat isya, lebih merasakan kegelisahan. Warna alam ketika waktu ini dari nila menjadi gelap gulita. Sehingga sangat dianjurkan untuk tidur setelah melaksanakanya.

9. Membantu kinerja kelenjar tiroid oleh waktu Subuh

Terjadinya pada waktu ini antara kesesuaian alam dengan sistem tubuh kelenjar tiroid. Melaksanakan shalat diwaktu subuh mempengaruhi fungsi tubuh dalam melakukan metabolism. Spectrum warna pada kala ini adalah biru muda.

10. Menambah semangat

Manfaat shalat 5 waktu mampu memompa semangat anda dalam melakukan aktivitas. Anda harus bangun pagi, lalu berwudlu, lalu melakukan shalat. Ada energy tersendiri ketika anda berhasil melaksanakan shalat dalam keadaan khusyuk dan tuma’ninah. Anda akan dijauhkan dari perasaan ngantuk dan malas. Sehingga hari anda lebih menyenangkan dan membahagiakan.

11. Shalat mampu melihat sifat orang lain

Apakah anda ingin tahu sifat teman anda sendiri? Carilah kebenaran mengenai sholatnya! Lihatlah bagaimana ia memperlakukan sholat untuk Tuhan-nya. Ketika ia melakukan sholat dengan tenang, tidak grusak-grusuk. Lalu rukuk dengan posisi sejajar, lalu duduk yang di selingi dengan doa. Setelah selesai sholat masih ditambahi dengan dzikir dan sebagainya. Masihkah anda berpikir bahwa ia bukan orang baik? Dengan Tuhannya yang tidak berwujud saja, ia menghormati. Apalagi dengan yang berwujud?

12. Shalat menentukan kemunafikan seseorang

Sangat sulit untuk menentukan apakah orang tersebut munafika atau tidak. Namun dengan manfaat sholat anda bisa mengetahui hal itu. Jika seseorang shalat untuk Tuhannya dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah saja, pastilah segala amalannya penuh keikhlasan jua.

13. Disukai banyak orang

Melakukan ibadah shalat dan menjaganya adalah kegiatan yang sangat sulit. Oleh karena itu keistimewaanya sangat banyak. Salah satunya ia menjadi orang yang banyak disukai orang lain. Sebab dengan Tuhannya saja ia amat mencintai, tak pernah sekalipun berpaling dan meninggalkannya. Apalagi dengan sesama umat pastilah ia suka menolong, sehingga banyak orang yang mencintai keberadaannya.

14. Terlihat lebih berseri rupanya

Manfaat sholat 5 waktu bagi orang yang senantiasa melakukannya, maka wajahnya nampak berseri-seri. Sebab hampir setiap waktu ia membasuh wajah minimal 5 waktu sehari. Selain itu karena ketundukan dan kepatuhan pada Sang Kuasa, menjadikan diri anda terlihat lebih menyejukkan. Anda tak percaya? Cobalah.

Itulah sahabat sedikit dari sekian banyak manfaat shalat yang bisa saya share pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa membuat kita lebih bersemangat dalam beribadah kepada-Nya. Wassalamu’alaikum sahabat.

Leave a Reply