9 Manfaat Puasa Daud yang Wajib Kita Ketahui

Assalamu’alaikum sahabat semua. Bagaimana kabar kalian di hari yang baru ini? Saya harap kalian semua dalam keadaan baik-baik saja sehingga bisa membaca artikel saya untuk hari ini. Pada hari ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang puasa sunnah atau lebih tepatnya saya akan membahas tentang puasa daud dengan berbagai macam dalil dan manfaatnya. Baiklah tanpa panjang kata lagi saya akan langsung memulai pembahasannya.

Puasa Terbaik

Sebagaimana yang telah saya jelaskan secara singkat di artikelku sebelumnya (Macam-Macam Puasa Sunnah dalam Islam), puasa daud merupakan puasa sunnah terbaik yang ada dalam islam. Hal ini merujuk kepada hadits shahih yang diriwayatkan oleh imam Bukhari yang menjelaskan bahwa puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa daud ini.

Adapun cara pelaksanaannya seperti puasa lainnya, namun ada perbedaannya yaitu pada waktu pelaksanaannya yang selang seling harinya. Dalam kata lain kalau kita seumpama berpuasa pada hari ini maka besok kita tidak boleh puasa dan baru boleh berpuasa lagi besok lusanya dan begitu seterusnya. Dan bila kita sudah melakukan puasa ini maka kita tidak disunnahkan lagi melakukan puasa senin kamis dan puasa 3 hari pada pertengahan bulan karena 2 puasa tersebut sudah menyatu di dalam puasa daud.

Dalil-Dalil Tentang Puasa Daud

Puasa Sunnah ini juga diperkuat dengan dalil-dalil yang shahih sehingga sahabat tidak usah khawatir lagi mengenai hal ini. Berikut ini beberapa dalil mengenai puasa daud :

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya : “Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapat kabar bahwa dirinya (Abdullah bin ‘Amr) berkata, “Demi Allah aku akan berpuasa di siang hari dan aku shalat di malam hari terus menerus sesuai kemampuanku.” Kemudian ‘Abdullah mengatakan bahwa ia telah mengatakan seperti itu sembari bersumpah dengan ayah dan ibunya. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh engkau tidak bisa melakukan seperti itu. Cukuplah berpuasa sehari dan luangkan waktu untuk tidak puasa. Dirikanlah shalat malam, namun tetap tidurlah. Atau berpuasalah setiap bulannya minimal tiga hari karena satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Jika demikian, hitungannya sama saja dengan puasa dahr (setahun penuh)“. ‘Abdullah berkata pada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bahwa beliau masih mampu lebih dari itu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalau begitu berpuasalah sehari, lalu berikutnya tidak puasa dua hari“. ‘Abdullah berkata pada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bahwa beliau masih mampu lebih dari itu. Beliau bersabda, “Kalau begitu berpuasalah sehari, lalu berikutnya tidak puasa sehari. Inilah yang disebut puasa Daud ‘alaihis salam. Puasa Daud inilah sebaik-baik puasa“. ‘Abdullah masih berkata pada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bahwa beliau masih mampu lebih dari itu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Tidak ada yang lebih afdhol dari itu” (HR. Bukhari no. 1976 dan Muslim no. 1159).

Dalam riwayat lain juga disebutkan, “Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Setelah membaca hadits-hadits diatas, pasti sudah dapat kita ambil kesimpulan bahwa memang tidak ada lagi puasa sunnah yang lebih utama dari puasa daud dan tentunya bisa menambah motivasi kita untuk mau melaksanakan puasa sunnah ini.

Manfaat Puasa Daud yang Wajib Kita Ketahui

nettik.net

nettik.net

Sebagaimana amalan sunnah lainnya yang mengandung banyak keutamaan dan manfaat di dalamnya, puasa daud juga memilikinya. Tapi dalam kesempatan ini, semua manfaat yang akan saya sampaikan di bawah ini merupakan manfaat-manfaat yang saya rasakan sendiri selama mendawamkan puasa daud. Setelah mencoba untuk mengamalkan dan belajar untuk mengistiqomahkannya, saya merasakan beberapa manfaat berikut ini :

  1. Semua persoalan dalam hidup akan cepat selesai dengan sendirinya.
  2. Hidup menjadi lebih tenang, mudah dan menyenangkan.
  3. Bisa menguasai diri meskipun sedang marah bahkan akan sulit untuk marah.
  4. Tubuh terasa lebih sehat.
  5. Menghafal Al Qur’an jadi lebih mudah.
  6. Nafsu terhadap dunia tidak terlalu menggebu-gebu.
  7. Pikiran menjadi lebih jernih.
  8. Doa dan keinginan yang ada dalam hati akan cepat terkabul dan terpenuhi.
  9. Membuat diri mempunyai sifat qana’ah.

Itulah sahabat manfaat yang saya dapatkan dengan mengamalkan puasa daud. Semoga bisa menambah semangat kita semua untuk senantiasa menghidupkan sunnah Rasulullah SAW. Karena sebaik-baik ilmu adalah yang diamalkan dan diajarkan kembali. Demikianlah pembahasan tentang puasa daud. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu’alaikum sahabat.

 

One Response

Leave a Reply