Inilah Manfaat yang Bisa Didapatkan Karena Senantiasa Berdzikir Kepada Allah

Dzikir merupakan salah satu ibadah dalam Islam yang isinya biasanya berupa bacaan atau doa yang bisa membuat hamba mengingat Allah SWT. Dzikir dalam islam juga merupakan ibadah yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Dzikir juga sering disebut sebagai ibadah tiap detik umat Islam.

Dzikir juga tidak terbatas pada konteks Bahasa Arab saja, dengan memakai Bahasa apapun asalkan bisa membawa kita mengingat Allah maka itu juga disebut dengan dzikir. Dalam berdzikir dianjurkan bagi setiap umat Islam harus dalam keadaan khusyu’ dan tidak terburu – buru. Karena dengan begitu, seorang hamba yang selalu berdzikir akan bisa merasakan manfaat – manfaat dari berdzikir.

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang apa saja manfaat yang didapatkan oleh seorang hamba yang selalu berdzikir kepada Allah SWT dalam setiap hembus nafasnya. Berikut ini manfaat – manfaat dari dzikir:

  1. Hati, pikiran dan jiwa akan menjadi tenang.

Manfaat pertama dari seringnya berdzikir kepada Allah adalah tenang dan tenteramnya hati, jiwa dan pikiran orang tersebut. Hal itu bisa didapat jika Anda berdzikir dengan tenang, khusyu’ dan tidak terburu – buru. Jadi bisa dibilang dzikir itu merupakan cara umat Islam merefresh hati dan pikirannya.

Dewan Masjid Indonesia

Dewan Masjid Indonesia

Bagi orang yang selalu berdzikir, bisa dipastikan hidupnya akan selalu nyaman, damai dan tenang karena biasanya mereka jika terkena musibah atau masalah dalam hidupnya selalu menerimanya dengan hati yang lapang. Karena mereka tahu, apa saja yang Allah takdirkan terjadi dalam hidup mereka adalah baik untuk mereka. Jadi mereka tidak terlalu mengambil pusing terhadap masalah – masalah dunianya, namun lebih fokus untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT yang mana salah satu caranya adalah dengan senantiasa berdzikir dalam setiap hembusan nafasnya.

  1. Hidupnya dipenuhi dengan optimis.

Seseorang yang sering berdzikir dalam kehidupannya sehari – hari akan selalu optimis dalam menjalani hidupnya di dunia ini. Hal itu didasarkan pada rasa yakinnya kepada Allah SWT. Bahwa Allah akan selalu menolong dan memberikan yang terbaik untuk hamba – hamba Nya yang selalu mengingatnya. Dan bahwa Allah akan selalu memudahkan urusan hamba yang selalu berdzikir tersebut.

Baca juga: kaos dhikr

Jadi jika dalam diri Anda masih terdapat penyakit ragu – ragu, bisa jadi itu merupakan akibat dari kurangnya berdzikir kepada Allah SWT. Maka mulai sekarang rajin – rajinlah berdzikir kepada Allah agar semua urusan dunia dan akhirat Anda dimudahkan oleh Nya.

  1. Akan mendapatkan kekuatan dan bantuan dari Allah SWT yang tidak pernah disangka – sangka.

Orang yang selalu berdzikir kepada Allah SWT biasanya akan selalu mendapatkan bantuan dan kekuatan dari Allah SWT yang tidak pernah diduga sebelumnya untuk menyelesaikan masalah yang sedang menimpanya.

Begitu pula jika ada yang ingin mengganggu seseorang yang ahli dzikir maka biasanya akan ada saja sesuatu yang menghalangi terlaksananya niat si pengganggu tersebut untuk mengganggu si ahli dzikir.

  1. Terhindar dari siksa neraka.

Dengan selalu mengingat Allah dalam setiap lantunan dzikir, seorang ahli dzikir secara tidak langsung akan terhindar dari perbuatan maksiat. Karena ahli dzikir akan selalu merasa diawasi oleh Allah dan akan malu jika akan bermaksiat kepada Nya. Oleh karena itulah kemungkinan besar seseorang yang ahli dzikir akan terhindar dari siksa api neraka.

  1. Akan selalu diingat oleh Allah SWT

Allah berfirman dalam surat Al baqarah ayat 152 yang mana di dalamnya dijelaskan bahwa Allah juga akan mengingat semua hamba yang selalu ingat (berdzikir) kepada Nya. Begitu pula dalam satu hadits Qudsi Nya, Allah berfirman yang artinya, “Aku senantiasa bersama seorang hamba selama dia mengingat Ku dan bibirnya senantiasa bergerak karena Aku”. (HR. Baihaqi dan Hakim).

 

3 Comments

  1. indah nuria 06/12/2016
  2. Ilham 26/01/2017
  3. KAOS DAKWAH 20/03/2017

Leave a Reply