Inilah Berbagai Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Salah satu jenis bawang yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah bawang putih. Hal itu disebabkan karena saking banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh bawang putih pada tubuh manusia. Dan salah satu manfaat bawang putih yang paling terkenal dan mujarab adalah sebagai pencegah kanker.

Dalam kehidupan sehari – hari, bawang putih sering digunakan sebagai bumbu masakan. Baunya yang kurang sedap dan menyengatlah yang menyebabkan bawang putih jarang dikonsumsi secara langsung oleh seseorang dan hanya digunakan sebagai bumbu masakan. Sehingga dengan begitu hanya sedikit bawang putih yang dikonsumsi seseorang tiap harinya.

Pada kesempatan ini kami akan mengupas secara tuntas manfaat apa saja yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi bawang putih. Berikut ini manfaat – manfaat bawang putih bagi kesehatan manusia:

  1. Dapat digunakan sebagai obat.

Sejak zaman Mesir kuno, bawang putih telah digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang diderita oleh manusia. Hal itu dikarenakan bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin yang mana senyawa tersebut termasuk ke dalam jenis senyawa yang berperan sebagai zat anti bakteri.

Dan setelah dilakukan penelitian terhadap senyawa allicin ini, ternyata senyawa ini memiliki khasiat lain yang lebih hebat lagi bagi kesehatan manusia. Berikut ini khasiat dari senyawa allicin tersebut:

  • Membantu menurunkan berat badan seseorang
  • Mencegah dan menyembuhkan hipertensi
  • Mengandung anti oksidan yang tinggi
  • Mengencerkan darah dalam tubuh seseorang
  • Mencegah dan menyembuhkan kanker
  • Mengandung zat anti bakteri

Senyawa inilah yang menyebabkan bawang putih memiliki aroma yang khas dan menyengat. Dan senyawa itu pula yang menyebabkan bawang putih memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh manusia.

123RF.com

123RF.com

  1. Sebagai anti kanker.

Sesudah dilakukan penelitian yang mendalam oleh para ilmuwan terhadap bawang putih, ternyata hasilnya sungguh mengagumkan. Kanker yang merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia, bisa dicegah dan disembuhkan dengan menggunakan bawang putih ini.

Oleh karena itu, bawang putih disebut juga sebagai tanaman anti kanker. Kandungan zat sulfida alil yang terdapat di dalam bawang putih yang menyebabkan bawang putih memiliki khasiat sebagai anti kanker. Dan zat anti kanker yang dimiliki oleh bawang putih sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan sel-sel dari berbagai jenis kanker yang sangat berbahaya bagi manusia.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih Tunggal

  1. Dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Manfaat selanjutnya dari bawang putih adalah menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi pada tubuh seseorang. Telah banyak riset yang dilakukan untuk membuktikan hal ini. Fakta terbaru setelah dilakukan penelitian yang intensif, ternyata bawang putih sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi hingga mencapai 7 – 8 %. Bahkan efek tersebut juga bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah yang normal.

  1. Kaya dengan anti oksidan.

Manfaat paling bagus dari bawang putih adalah kaya dengan anti oksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Dengan begitu, segala macam virus bisa disembuhkan dan dicegah oleh bawang putih.

  1. Membersihkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh seseorang.

Khasiat selanjutnya dari bawang putih adalah dapat membersihkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh seseorang. Hal tersebut juga telah dibuktikan dengan penelitian – penelitian yang banyak dilakukan oleh para ahli.

  1. Membantu mempercantik kulit Anda.

Dalam hal kecantikan, bawang putih memiliki manfaat untuk menghilangkan segala bekas luka, membersihkan komedo dan dapat menghilangkan segala jenis jerawat.

  1. Dapat mencegah Alzheimer dan Demensia

Manfaat selanjutnya dari bawang putih adalah dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan saraf yaitu penyakit Alzheimer dan Demensia.

  1. Ampuh menyembuhkan sakit gigi.

Bawang putih juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi karena zat anti bakteri yang dikandung bawang putih dapat membasmi dan membunuh bakteri atau kuman yang menyebabkan sakit pada gigi seseorang. Selain itu, analgesik yang juga terkandung dalam bawang putih juga berperan aktif untuk menyembuhkan sakit gigi Anda.

  1. Dapat meningkatkan metabolisme zat besi dalam tubuh seseorang.

Bawang putih berperan meningkatkan produksi protein ferroportin yang berfungsi menjaga zat besi agar bisa terus beredar dalam tubuh manusia sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut.

Itulah berbagai manfaat dari bawang putih. Semoga bermanfaat.

7 Comments

  1. evrinasp 29/11/2016
  2. Uncle Zuan 30/11/2016
  3. Asep Haryono 30/11/2016
  4. Liswanti Pertiwi 30/11/2016
  5. Ahmad 01/12/2016
  6. andyhardiyanti 01/12/2016
  7. Ilham 25/01/2017

Leave a Reply