50 Kebiasaan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Kesehatan adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia. Tapi banyak diantara manusia yang kurang menyadari betapa pentingnya hal itu bagi hidup kita. Sehingga kebanyakan dari mereka menyepelekan hal itu dengan melakukan banyak kebiasaan yang berdampak negatif untuk kesehatannya.

Kebanyakan dari mereka melakukan suatu kebiasaan yang tanpa mereka sadari bisa merusak dan mengganggu kesehatan tubuhnya. Ya mungkin untuk saat ini masih belum nampak dampak dari kebiasaan tersebut karena biasanya kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut baru terasa ketika kita sudah sakit dan tergeletak di rumah sakit.

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui kebiasaan-kebiasaan mana yang berdampak buruk untuk kesehatan kita. Berikut ini saya akan menyajikan beberapa kebiasaan buruk yang harus kita waspadai dan harus kita tinggalkan :

  1. Mengkonsumsi makanan cepat saji
banashreepalit.wordpress.com

banashreepalit.wordpress.com

Di zaman kita ini telah banyak beredar di sekitar kita makanan-makanan yang cepat saji. Meskipun makanan tersebut tidak memberikan efek secara langsung, tapi untuk jangka panjang makanan-makanan tersebut akan memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi kita.

Sebut saja contoh yang paling banyak dikonsumsi yaitu mi instan. Setelah diteliti, jika kita merutinkan diri untuk memakannya, kemungkinan besar suatu saat nanti kita akan terserang penyakit-penyakit kelas atas, salah satunya yaitu kanker.

  1. Banyak begadang
www.ayungavis.net

www.ayungavis.net

Begadang seperti menjadi kebiasaan buruk yang cepat menular apalagi di zaman sekarang. Dengan begadang berarti kita telah mengurangi hak tubuh kita yang biasanya waktu malam dipakai untuk istirahat selama minimal 8 jam.

Mayoritas anak muda di Indonesia sangat suka melakukan hal yang satu ini. Apalagi dengan minimnya pengawasan dari orang tua, sehingga membuat mereka sering melakukan kebiasaan begadang ini bersama dengan teman sepergaulannya. Bila hal ini menjadi rutinitas, maka kemungkinan besar akan merusak dan mengganggu fungsi jantung dan paru-parunya.

  1. Merokok
healthematics.com

healthematics.com

Merokok telah menjadi salah satu virus udara terbesar yang tersebar di kalangan masyarakat Indonesia baik di kalangan awam terlebih lagi di kalangan masyarakat menengah keatas. Padahal jika dilihat dari bungkus rokoknya, disana telah tertulis potensi penyakit yang akan diderita oleh para perokok kedepannya. Tapi hal itu seperti tak ada pengaruhnya sama sekali, karena mereka tetap saja membeli dan mengkonsumsinya.

Bahkan hanya dengan merokok 1 batang per hari, dapat menyebabkan pembekuan darah sehingga bisa menyumbat aliran darah dan menimbulkan plak di arteri dan pembuluh darah. Selain itu kita bisa memberikan dampak yang lebih buruk bagi perokok pasif yang berada di sekitar kita pada saat merokok.

  1. Minum minuman keras
www.popsugar.com

www.popsugar.com

Sebagaimana yang kita ketahui,alkohol atau minuman keras sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Tapi tetap saja minuman keras masih terus beredar di negeri tercinta ini sampai sekarang.

Sehingga memungkinkan bagi kita khususnya orang-orang yang depresi karena mempunyai masalah yang tak kunjung terselesaikan tertarik untuk membeli dan meminumnya. Dan bila hal ini menjadi kebiasaan maka yang pasti kita akan terkena penyakit liver, lambung dan ginjal.

  1. Mengupil sembarangan
www.youtube.com

www.youtube.com

Kebiasaan buruk selanjutnya yaitu mengupil sembarangan. Kebiasan ini merupakan kebiasaan yang nyaman bila dilakukan di tempat yang tepat tapi menjadi kebiasaan yang menjijikkan bila dilakukan sembarangan dan bisa menyebabkan kita terkena infeksi.

Apabila dilakukan di tempat umum kebiasaan ini juga berdampak buruk bagi orang lain. Hal ini bisa menyebarkan berbagai virus seperti pilek dan flu kepada orang lain.

  1. Sering merasa kesepian
www.1freewallpapers.com

www.1freewallpapers.com

Jika anda masih seorang diri atau belum mempunyai pasangan hidup, hal ini biasanya sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari anda. Jika hal ini sering terjadi maka kita akan terserang penyakit pikiran. Dan pikiran yang tidak sehat bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun sehingga mudah terserang virus dan penyakit.

Solusi yang paling gampang untuk hal ini yaitu segeralah mencari pasangan hidup yang cocok untuk anda dan menikahlah. Tapi kalau belum menemukannya, carilah teman yang bisa kita ajak bercurhat dan bercanda dan bisa menemani kita disaat kita merasa kesepian.

  1. Sering mempunyai perasaan iri atau dengki kepada orang lain
loop.co.id

loop.co.id

Dua sifat ini merupakan sifat buruk yang harus kita buang jauh-jauh dari diri kita. Karena bila kita sering mempunyai perasaan iri dan dengki bisa menyebabkan kita tidak akan pernah mempunyai ketenangan hidup. Dan bila kita tidak bisa tenang dalam hidup, maka hal itu bisa mengganggu pikiran kita dan secara otomatis akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

Selain itu dua sifat ini juga bisa membuat kita dijauhi dan dibenci oleh teman, tetangga atau bahkan orang terdekat kita.

  1. Sering berbohong
hello-pet.com

hello-pet.com

Hal ini juga bisa menyebabkan sesuatu yang buruk untuk kesehatan kita bila kita sering melakukannya. Karena bila kita sering melakukannya kita akan mempunyai beban perasaan dan takut bila orang yang kita bohongi mengetahui tentang kebohongan kita tersebut.

Sehingga hal itu bisa membuat hidup kita tidak tenang dan secara otomatis berpengaruh buruk untuk kesehatan pikiran dan tubuh kita.

  1. Sering cemberut
www.publicdomainpictures.net

www.publicdomainpictures.net

Kebiasaan buruk yang satu ini merupakan ciri orang yang tidak bahagia dalam hidupnya. Jika hal ini sering dilakukan atau bahkan menjadi kebiasaan bisa membuat orang tersebut sering berada dalam kesedihan yang bisa berdampak buruk bagi hati dan pikirannya.

Sehinnga bila pikiran dan hati kita sudah sakit maka otomatis akan lebih mudah bagi virus atau penyakit menyerang tubuh kita.

  1. Sering mengkhayal tingkat tinggi

free-dreamy-wallpaper-1

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari maka bisa menyebabkan kita akan selalu terjebak dalam dunia khayalan dan tidak siap menghadapi kenyataan yang terjadi dalam hidup kita.

Hal ini juga bisa menyebabkan kita mempunyai penyakit kurang waras atau gila karena khayalan yang kita khayalkan tidak pernah tercapai dalam hidup ini.

  1. Nonton tv secara berlebihan
www.sheknows.com

www.sheknows.com

Bila hal ini dilakukan secara normal saja, bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita apalagi bila dilakukan secara berlebihan.

Hal itu disebabkan karena tv memiliki radiasi yang tinggi dan bila tubuh kita sering terkena radiasi ini maka kemungkinan besar kita akan terkena penyakit-penyakit yang mengerikan suatu saat nanti. Jadi mulai sekarang aturlah seminimal mungkin waktu untuk menonton tv.

  1. Nonton tv terlalu dekat

kids-tv

Menonton tv terlalu dekat biasanya sering dilakukan oleh anak-anak yang masih belum mengerti apa-apa atau oleh orang tua yang sudah rabun dan memiliki masalah pendengaran.

Tapi bila hal ini sering dilakukan oleh orang yang normal maka bisa dipastikan suatu saat nanti dia akan mengalami gangguan pada matanya seperti rabun dan lain-lain.

  1. Berada di depan laptop atau komputer terlalu lama
www.entrepreneur.com

www.entrepreneur.com

Seperti halnya tv, laptop atau komputer juga memiliki radiasi yang tinggi bahkan cenderung lebih tinggi. Maka jika kita sering berada di depan laptop atau komputer, secara otomatis tubuh kita akan sering terkena radiasi tersebut.

Dan jika tubuh kita terlalu banyak terkena radiasi tersebut, kemungkinan besar suatu saat nanti kita akan terkena penyaki-penyakit kelas atas, seperti kanker otak, dan lain-lain.

  1. Menelepon sampai berjam-jam
www.barqar.com

www.barqar.com

Sering menelepon sampai terlalu lama atau bahkan sampai berjam-jam bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Biasanya hal ini sering dilakukan oleh anak-anak muda yang berpacaran dan pebisnis untuk melakukan transaksi dengan pelanggannya.

Hal ini bisa memberikan dampak yang buruk bagi pendengaran dan tubuh kita karena sama seperti laptop dan tv, handphone juga memiliki radiasi meskipun tingkat radiasinya lebih kecil bila dibandingkan dengan dua barang elektronik tersebut. Meskipun begitu, kita harus bisa mengontrol pemakaiannya karena yang namanya radiasi pasti mempunyai dampak yang buruk bagi tubuh kita suatu saat nanti.

  1. Memakai headphone atau earphone
www.magic4walls.com

www.magic4walls.com

Hal ini sudah menjadi tren tersendiri di zaman elektronik ini. Bahkan headphone atau earphone seolah-olah telah menjadi sahabat sejati bagi telinga kita.

Bila hal ini sering kita lakukan, maka yang pasti terkena dampaknya untuk pertama kali adalah pendengaran kita. jadi mulai saat ini, kita harus bisa meminimalisir kebiasaan buruk tersebut atau bahkan meninggalkannya sama sekali.

  1. Langsung membuka laptop atau barang elektronik lainnya ketika baru bangun tidur
www.theverge.com

www.theverge.com

Hal ini telah menjadi kebiasaan semua orang di zaman sekarang ini. Seiring berkembangnya zaman malah semakin menambah banyak kebiasaan buruk dalam keseharian kita.

Bila hal ini sering dilakukan maka biasanya pengaru radiasi tersebut akan lebih cepat terasa bagi kita. dan kemungkinan besar tidak lama lagi kita akan terkena penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh radiasi tersebut.

  1. Sering memakai sepatu dangan hak tinggi
www.allfashionstyles.com

www.allfashionstyles.com

Sepatu dengan hak tinggi seolah telah menjadi aksesoris yang wajib dipakai oleh wanita waktu bepergian. Bila hal ini menjadi kebiasaan sehari-hari, tubuh anda akan terkena dampak buruk dari kebiasaan tersebut.

Kebiasaan buruk ini bisa berakibat memberi tekanan pada sendi dan dapat menyebabkan radang sendi, sakit punggung, cedera tendon dan tumit.

  1. Sering membawa barang atau tas yang beratnya berlebihan
spinalandnatural.co.uk

spinalandnatural.co.uk

Sering membawa barang atau tas yang beratnya berlebihan dalam aktivitas sehari-hari kita, bisa menyebabkan efek jangka panjang bagi tubuh kita seperti sakit leher, sakit punggung yang serius, postur tubuh yang buruk, dan penuaan anggota tubuh kita sebelum waktunya.

Oleh karena itu, jika kita tidak menginginkan hal itu terjadi maka hindarilah kebiasaan yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari kita.

  1. Tidur dengan makeup
mindfulmiablog.wordpress.com

mindfulmiablog.wordpress.com

Hal ini dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan bintik-bitik sesak. Apalagi kalau anda memakai riasan mata pada waktu tidur, hal tersebut bisa menyebabkan iritasi pada mata dan bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat anda kehilangan penglihatan.

Jadi mulai sekarang, lepaskan dan hilangkanlah semua makeup anda sebelum tidur agar tidak terjadi sesuatu yang tidak pernah anda inginkan.

  1. Sering makan makanan ringan atau snack
www.ripped-science.com

www.ripped-science.com

Makanan ringan terutama snack biasanya merupakan teman kita di waktu santai. Padahal makanan yang satu ini, banyak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita.

Dan bila kita sering mengkonsumsinya maka kemungkinan besar kita akan terkena penyakit-penyakit yang kronis suatu saat nanti, seperti diabetes, jantung, dan kanker. Jadi mulai saat ini, mulailah berhenti mengkonsumsi makan jenis ini.

  1. Makan dengan berdiri
carrotsncake.com

carrotsncake.com

Makan dan minumlah dengan duduk. Hal itu merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW dalam syariat Islam.Ternyata setelah diteliti, bila kita sering makan dengan berdiri bisa merusak sistem pencernaan kita khususnya lambung dan usus besar.

Hal ini dikarenakan makanan yang kita makan dalam keadaan berdiri akan langsung menuju lambung kita tanpa diproses terlebih dahulu di tenggorokan.

  1. Minum dengan berdiri
proof.nationalgeographic.com

proof.nationalgeographic.com

Minum dalam keadaan berdiri bisa merusak ginjal kita. Hal ini dikarenakan minuman yang kita minum akan langsung menuju ginjal tanpa diproses terlebih dahulu di sistem pencernaan kita.

Oleh karena itu, mulai sekarang biasakanlah makan dan minum dalam keadaan duduk agar kita bisa terhindar dari resiko-resiko tersebut.

  1. Sering makan gorengan
fishfeed.net

fishfeed.net

Telah menjadi favorit orang Indonesia memakan sesuatu yang digoreng terlebih dahulu. Tapi dalam hal ini kita harus lebih memperhatikan minyak yang kita pakai untuk menggoreng makanan tersebut.

Setelah diteliti, minyak yang bagus untuk menggoreng itu hanya sekali dua kali pakai. Dan apabila lebih dari itu sangat tidak bagus untuk tubuh kita karena mengandung banyak lemak jahat atau yang lebih dikenal dengan kolesterol.

Sebagaimana yang kita ketahui, kolesterol akan menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah kita. Dan kemungkinan penyakit yang akan diderita yaitu stroke, darah tinggi, dan jantung koroner.

  1. Sering mengkonsumsi bakso dan mi ayam
www.thehangryfix.com

www.thehangryfix.com

Dua makanan diatas juga merupakan makanan favorit bagi banyak orang. Padahal di dalam makanan tersebut juga banyak mengandung kolesterol dan zat yang bisa menyebabkan kanker.

Jadi mulai saat ini minimalisirkanlah untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit kelas atas dalam hidup ini.

  1. Sering makan nasi goreng
www.shugarysweets.com

www.shugarysweets.com

Nasi goreng merupakan makanan yang sangat disukai dan digemari oleh banyak orang. Bahkan bila kita tidak bisa membuatnya, kita bisa dengan mudah membelinya di pinggir-pinggir jalan.

Sekedar info saja, nasi goreng juga banyak mengandung kolesterol yang bisa mengakibatkan penyakit stroke, jantung koroner, dan kanker.

  1. Sering makan sate
henryakuza.tumblr.com

henryakuza.tumblr.com

Makanan yang satu ini juga merupakan makanan yang mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Dan bila kita sering mengkonsumsinya maka kita pasti akan terkena penyakit-penyakit kelas atas.

Jadi mulai sekarang mulai kurangilah mengkonsumsi makanan tersebut atau kalau bisa jangan mengkonsumsinya sama sekali agar kita bisa terhindar dari dampak buruk makanan tersebut.

  1. Sering makan yang manis-manis
best-wallpaper.net

best-wallpaper.net

Terlalu sering makan yang manis-manis bisa membuat tubuh kita kelebihan zat glukosa dan bisa mengakibatkan penyakit diabetes. Apalagi makanan-makanan yang manis kebanyakan mengandung pemanis buatan bukannya mengandung pemanis yang alami seperti gula.

Sehingga hal tersebut bisa mempercepat terjangkitnya penyakit diabetes dalam tubuh kita. Oleh karena itu mulai sekarang kurangilah makan yang manis-manis.

  1. Sering mengkonsumsi minuman dingin
7-themes.com

7-themes.com

Jika hal ini sering dilakukan maka kemungkinan besar gigi kita akan cepat keropos dan tanggal. Selain itu hal ini juga bisa membuat kolesterol yang masuk kedalam tubuh kita cepat membeku dan menyumbat saluran darah kita.

Jika hal itu terjadi maka kemungkinan kita akan terkena penyakit darah tinggi, stroke, dan jantung koroner.

  1. Sering mengkonsumsi makanan yang panas
testtube.com

testtube.com

Jika hal ini menjadi kebiasaan maka hal pertama yang akan kita alami biasanya berupa panas dalam seperti sariawan, dan lain-lain.

Maka hilangkanlah kebiasaan buruk ini dan gantilah dengan sesuatu yang tidak mempunyai dampak buruk bagi tubuh kita.

  1. Sering mengkonsumsi makanan yang pedas
www.cheapfood.com.au

www.cheapfood.com.au

Bagi anda yang suka makanan pedas mulai sekarang kurangilah dan kalau bisa berhentilah. Makanan yang pedas bisa menyebabkan lambung kita infeksi, usus buntu dan merusak saluran pencernaan yang lain.

Sekedar saran bagi anda yang suka makanan pedas, mulai sekarang kurangilah mengkonsumsinya secara bertahap hingga kita bisa berhenti mengkonsumsi makanan yang berbahaya ini.

  1. Minum kopi sebelum makan
virginpure.com

virginpure.com

Hal ini biasanya sering dilakukan para pekerja berat. Kopi bagus bagi tubuh kita bila diminum di waktu yang tepat dengan kadar yang sedikit. Hal ini malah bisa membantu mencegah kita dari penyakit jantung.

Tapi bila kopi diminum sebelum makan dengan kadar yang banyak atau bahkan sampai 3 kali sehari, maka hal tersebut bisa merusak lambung kita dan merusak jantung kita.

  1. Sering melewatkan sarapan
www.azairductcleaning.com

www.azairductcleaning.com

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dalam keseharian kita. Jika kita malah melewatkannya dan menjadi kebiasaan setiap hari, maka kita akan cenderung makan lebih banyak di waktu siang dan malam.

Hal tersebut bisa membuat kita mengalami penambahan berat badan yang mana hal itu tidak bagus untuk kesehatan kita.

  1. Minum minuman yang mengandung soda
www.counselheal.com

www.counselheal.com

Minuman yang mengandung soda banyak beredar di pasaran. Dan kita baik yang tahu tentang kesehatan atau tidak, pasti pernah mengkonsumsinya.

Padahal dalam ilmu kesehatan, minuman semacam itu mengandung banyak zat yang tidak bagus untuk tubuh kita. Dan jika kita sering mengkonsumsinya maka kemungkinan besar suatu saat nanti kita akan mengalami penyakit liver dan ginjal

  1. Sering mengkonsumsi obat-obat kimia
www.thesil.ca

www.thesil.ca

Hal ini biasanya sering dilakukan masyarakat umum bila terkena penyakit-penyakit ringan, seperti flu, batuk, sakit kepala, dan lain-lain.

Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi tubuh kita jika terlalu sering mengkonsumsinya. Obat-obatan ini akan memberikan dampak buruk pada hati, ginjal, dan lambung kita.

  1. Sering menggigit kuku
www.threadsbeautybar.com

www.threadsbeautybar.com

Sering menggigit kuku menggunakan gigi anda dapat menyebabkan masuknya kuman dan virus ke dalam tubuh anda tanpa anda sadari.

Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan buruk yang satu ini jika anda ingin selalu hidup sehat wal afiat. Dan jangan lupa untuk memberitahu orang terdekat anda agar menghindari kebiasaan buruk ini.

  1. Kurang minum air
swedesforobama.com

swedesforobama.com

Jika hal ini sering anda lakukan, maka tubuh anda akan kekurangan cairan sehingga akan menyebabkan sakit kepala, kram otot, tidak punya energi, kedinginan, dan gelisah.

Kebiasaan minum minimal 8 gelas setiap harinya dapat menjaga tubuh anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

  1. Melakukan diet yang sembarangan
www.diettipsandfitness.com

www.diettipsandfitness.com

Memiliki berat tubuh yang ideal merupakan keinginan semua orang. Tapi kalau kita ingin mendapatkannya dengan cara melakukan diet tanpa panduan ahlinya, maka kemungkinan besar malah akan berdampak buruk pada tubuh anda.

  1. Tidak menyempatkan diri untuk berolahraga
ragaku.com

ragaku.com

Sibuk dengan jadwal aktivitas yang sangat padat biasanya membuat orang tidak mempunyai waktu untuk berolahraga.

Sehingga hal ini bisa membuat tubuh anda akan mengalami penambahan berat badan dan otomatis akan mengundang banyak penyakit masuk ke tubuh anda.

  1. Sering tidur tengkurap
catatannidal.wordpress.com

catatannidal.wordpress.com

Mungkin sebagian dari kita suka bahkan sering melakukan hal yang satu ini ketika tidur. Perlu kita ketahui, tidur dengan posisi tersebut bisa membahayakan kesehatan kita.

Hal itu bisa menyebabkan munculnya lipatan di sekitar pipi, mulut, hidung, dan mata kita. Yang mana seiring bertambahnya usia kita, kita akan kehilangan banyak kolagen di lapisan kulit sehingga lipatan-lipatan tersebut tidak bisa kembali seperti semula dan menjadi kerutan yang permanen.

  1. Minum dengan menggunakan sedotan
arenawanita.com

arenawanita.com

Tahukah anda saat minum memakai sedotan, terdapat udara yang masuk ke dalam tubuh kita dan dapat menyebabkan perut kembung.

Jika hal itu terjadi maka kemungkinan besar akan menyebabkan perut kita sakit dan secara otomatis mengganggu aktivitas harian kita.

  1. Menyikat gigi setelah makan
miteshjivandmd.com

miteshjivandmd.com

Langsung menyikat gigi setelah makan bisa membuat gigi kita cepat berlubang. Hal itu dikarenakan enamel pada gigi kita masih lemah di waktu tersebut.

Jadi yang bagus itu sikatlah gigi anda sebelum makan atau satu jam setelah makan agar gigi kita tetap terjaga kesehatannya.

  1. Sarapan dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat
www.nadyapeche.com

www.nadyapeche.com

Sarapan dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat akan menyebabkan kita cenderung mengkonsumsi junk food di sisa hari kita sehingga secara otomatis bisa membahayakan kesehatan kita.

Jadi menjadikan makanan yang mengandung protein sebagai menu sarapan kita, akan membuat kita kenyang lebih lama dan mempunyai energi yang cukup sampai waktu makan siang tiba.

  1. Sering minum suplemen kesehatan
wellnesschronicle.com

wellnesschronicle.com

Hal ini berlaku pada suplemen yang banyak beredar di apotik. Jika kita terlalu banyak dan sering meminumnya maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita.

Jadi mulai sekarang lebih berhati-hatilah dalam mengkonsumsi suplemen-suplemen kesehatan dan lebih telitilah dalam mencari suplemen mana yang lebih bagus untuk tubuh kita.

  1. Sering mengucek mata
www.findclarityvision.com

www.findclarityvision.com

Sering menggosok atau mengucek mata bisa menyebabkan mata kita mempunyai tekanan cairan sepuluh kali lebih besar daripada jumlah biasa. Hal ini juga dapat menjadi penyebab kebutaan seseorang.

Jika mata kita kemasukan debu atau kotoran, jangan terburu-buru dikucek. Lebih baik kita kedipkan mata sampai berkali-kali dan mengeluarkan air mata sehingga debu atau kotoran yang masuk akan keluar dengan air mata kita tersebut.

  1. Tidur dengan lampu menyala
www.crookedbrains.net

www.crookedbrains.net

Setelah diteliti, tidur dalam keadaan lampu menyala dapat menekan tingkat melatonin dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan kualitas tidur yang buruk, dan mempengaruhi pengaturan suhu tubuh, kadar glukosa, dan tekanan darah.

Selain itu lampu juga memiliki radiasi meskipun hanya sedikit. Tapi bagaimanapun juga karena kita sedang tidur maka kemungkinan radiasi yang bisa masuk ke tubuh kita akan banyak juga jika semalam suntuk lampu dinyalakan terus.

  1. Duduk terlalu lama
www.methodevolution.com

www.methodevolution.com

Duduk terlalu lama ternyata bisa menyebabkan sejumla masalah kesehatan, seperti jantung dan diabetes tipe 2. Dalam suatu penelitian menyebutkan, duduk kurang dari 3 jam sehari akan menambah harapan hidup seseorang selama 2 tahun ke depan.

Jika anda seorang yang bekerja dalam keadaan duduk, maka minimalisirkanlah duduk anda dengan mencoba berdiri dan berjalan tiap setengah jam atau tiap satu jam sekali, yang penting ada jeda untuk tidak duduk.

  1. Sering melewatkan buang air besar
www.reportaseterkini.com

www.reportaseterkini.com

Hal ini bisa menyebabkan kotoran yang ada dalam usus kita diolah lagi di dalam tubuh dan disebarkan ke seluruh tubuh. Sehingga bisa menyebabkan dampak yang berbahaya bagi tubuh kita.

Buang air besar yang baik dalam ilmu kesehatan adalah antara jam 5 sampai jam 7 pagi. Maka luangkanlah waktu sekurang-kurangnya 10 menit diantara waktu tersebut demi kesehatan tubuh anda.

  1. Sering menghindari buah dan sayuran
dokterindonesiaonline.com

dokterindonesiaonline.com

Jika hal ini sering dilakukan maka akan membuat jantung kita tidak berfungsi dengan baik dan rusak. Jadi jagalah menu makanan kita agar selalu seimbang 4 sehat 5 sempurna.

Dan kita juga harus mulai memperbaiki menu makan keluarga kita agar mereka juga sehat sebagaimana halnya kita.

  1. Sering menahan pipis
zojjd.com

zojjd.com

Kebanyakan dari kita, bila sudah sibuk bekerja biasanya akan lupa atau sengaja menahan diri untuk buang air kecil karena kita terlalu menganggap sepele hal tersebut.

Padahal jika kita membiasakan hal ini dalam hidup sehari-hari, maka hal ini akan mengakibatkan gangguan pada ginjal dan saluran kemih kita.

  1. Sering memakai celana yang ketat
ashleighcrynberg.wordpress.com

ashleighcrynberg.wordpress.com

Memakai celana yang ketat telah menjadi mode di zaman sekarang ini. Baik pria ataupun wanita lebih sering memakainya dalam kesehariannya.

Perlu diketahui, jika hal ini menjadi kebiasaan maka bisa mengakibatkan hal-hal berbahaya seperti kemandulan bagi pria, menurunkan kualitas sperma, dan membuat kita sulit bergerak.

Itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus kita hindari jika kita tetap ingin mempunyai kehidupan yang sehat sampai berusia lanjut. Dan semoga kita juga bisa menjaga dan mengingatkan orang-orang di sekeliling kita untuk menghindari dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

One Response

  1. Ilham 01/12/2016

Leave a Reply