Berbagai Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kacang Hijau merupakan sejenis tanaman palawija yang sering kita jumpai. Kacang hijau merupakan kacang polong-polongan atau Fabaceae yang mempunyai banyak sekali manfaat di dalam kehidupan sehari-hari yang digunakan sebagai bahan pangan dan protein nabati yang sangat tinggi. Di Indonesia kacang hijau sebagai tanaman terpenting nomor tiga sebagai tanaman legum. Setelah kacang tanah dan kedelai.

Kacang hijau sering dijadikan sebagai olahan bubur, selain itu kacang hijau biasanya digunakan untuk isi roti, onde-onde, bakpao dan jajanan yang lainnya. Kacang hijau yang sudah bercampah juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sayur kecambah atau sering disebut dengan tauge. Kacang hijai jika di rebus lama maka isinya akan keluar dan airnya akan mengental dan akan menjadi bubur. Kacang hijau juga dapat dijadikan tepung, tepung tersebut biasa dikenal dengan tepung hunkue, yang digunakan untuk campuran bahan membuat kue-kue. Tepung ini juga biasa digunakan untuk membuat mie yang sering kita kenal dengan Mi Soun.

Manfaat dan Kandungan Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan tanaman palawija yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, selain itu kacang hijau merupakan sumber mineral yang penting diantaranya seperti kalsium dan fosfor. Sedangkan untuk kandungan lemaknya adalah kandungan lemak tak jenuh sehingga tidak berbahaya.

Tips Menjaga Hidup Sehat

Tips Menjaga Hidup Sehat

Kandungan kalsium dan fosfor tersebut bermanfaat untuk memjadikan tulang kuat. Kacang hijau juga mempunya kandungan rendah lemak yang bagus untuk mereka yang sedang menghindari konsumsi lemak yang tinggi. Kadar lemak yang rendah di dalam kacang hijau menjadikannya sebagai makanan ataupun minuman yang terbauat dari kacang hijau tidak mudah berbau atau basi.

Lemak asam ini tersusun hingga 73% asal lemak tak jenuh dan sisanya 27% asal lemak jenuh. Kebutuhan atau asupan lemak tak jenuh tinggi sangat penting untuk menjaga kesehtan jantung kita. Didalam kacang hijau juga terkandung vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan juga vitalitas kaum pria. Maka kacang hijau beserta turunannya sangat bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang baru menikah.

Didalam kacang hijau mengandung yang namanya multi protein yang fungsinya untuk mengganti sel yang telah mati dan membantu pertumbuhan sel dalm tubuh, oleh karena itu anak-anak dan juga wanita yang telah melakukan persalinan sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi kacang hijau, kebanyakan menkonsumsinya dengan menjadikan bubur.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Untuk cara membuatnya sendiri sangat mudah, pertama kita harus siapkan bahan-bahan untuk pembuatan kacang hijau, bahan tersebut diantara nya seperti:

– Kacang Hijau 250 gram

– 1 ruas jahe

– 3 buah gula merah

– Gula pasir 3 sdm

– Daun pandan 2 buah

– Garam dan air secukupnya

Proses Pembuatan Kacang Hijau

– Pertama kita cuci terlebih dahulu kacang hijau sampai bersih. Kemuadian barulah di rendam selama 4 sampai 5 jam sampai kacang hijai sedikit merekah.

– Setelah kacang merekah, kita buang air rendamannya, kemudian tambahkan air secukupnya. Masang kacang hijau sampai setengah matang, kemudian kita masukkan santan kelapanya.

– Kita aduk smapai merata, masukkan jahenya, garam, gula pasir, daun pandan, gula merah. Kemudian rasakan, jika kurang manis silahkan tambahkan gula.

– Setelah kita merasakan rasa yang pas, maka biarkan sampai mendidih lalu matikan sahja apinya.

– kita bisa menyajikan dengan menambahkan susu kental manis bila kamu menyukainya, juga bisa menambahkan es.

One Response

  1. Ahmad 25/01/2017

Leave a Reply