Bolehkah Ibu Menyusui Minum Panadol?

Bagi seorang ibu menyusui yang sedang mengalami sakit sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter ahli apabila ingin minum obat. Seperti halnya dengan ibu hamil, ibu menyusui juga masih harus waspada dalam mengonsumsi obat-obatan.

Karena waktu menyusui yang bagus kepada bayi adalah sampai bayi menginjak usia 2 tahun, maka kemungkinan besar sang ibu akan mengalami sakit dalam jangka waktu tersebut meskipun hanya sekali. Dan biasanya salah satu penyakit yang akan mengganggu si ibu yang sedang menyusui adalah sakit kepala.

Dalam urusan sakit kepala, biasanya mayoritas orang akan menggunakan obat yang umum di pasaran untuk mengobatinya. Namun obat seperti itu hanya cocok kepada orang biasa dan tidak cocok jika diminum oleh ibu yang sedang menyusui.

Hal itu dikarenakan obat yang dikonsumsi akan diserap oleh darah dan akan disebarkan ke seluruh tubuh termasuk ke kelenjar payudara sehingga kemungkinan besar akan bercampur dengan ASI. Semakin banyak obat tersebut dikonsumsi maka akan semakin besar pula kadar obat tersebut di dalam ASI dan akan memberikan efek samping yang buruk kepada si bayi.

Semarang - Warta Kesehatan

Semarang – Warta Kesehatan

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Badan Kesehatan Dunia atau yang dikenal dengan WHO, menganjurkan untuk mengonsumsi obat yang tidak memberikan efek samping kepada si bayi seperti paracetamol, asam mefenamat dan ibu profet. Karena setelah diteliti oleh para ahli, 3 obat tersebut tidak akan memberikan efek yang buruk kepada si bayi bila dikonsumsi oleh sang ibu. Selain itu untuk memperbagus kualitas ASI Anda, para ahli juga menganjurkan untuk banyak mengonsumsi ASI booster secara rutin.

Ibuprofen dan paracetamol adalah obat yang sangat dianjurkan dan memiliki data keamanan yang lebih memadai daripada obat yang lain. Jadi bagi Anda yang merupakan seorang ibu menyusui, pilihlah obat tersebut bila Anda mengalami sakit kepala. Dan salah satu obat yang termasuk ke dalam jenis paracetamol adalah Panadol.

Berikut ini beberapa anjuran bagi ibu yang sedang menyusui dalam mengonsumsi obat:

  1. Konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter ahli sebelum meminum obat. Karena dengan berkonsultasi kepada dokter ahli, dokter akan memberikan resep terbaik dan aman kepada sang ibu yang sedang menyusui tersebut.
  2. Janganlah berlebihan dalam minum obat, harus sesuai aturan dan petunjuk dokter.
  3. Jagalah agar dosis obat yang diminum sangat rendah. Misalnya dengan cara satu pil dibagi dua atau hanya minum satu pil saja dalam sehari.
  4. Sebaiknya antara minum obat dan menyusui bayi diberi selang waktu. Misalnya minum obatnya 3 sampai 4 jam sebelum menyusui atau satu sampai dua jam setelah menyusui.
  5. Pilihlah obat paracetamol yang mencantumkan label aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Namun apabila setelah mengonsumsi obat tersebut si bayi mengalami gejala yang buruk, maka segera hentikan pemakaian obat dan gantilah dengan paracetamol yang lain. Hal itu menunjukkan bahwa bayi tidak cocok dengan obat tersebut sehingga menyebabkan alergi pada si bayi.
  6. Sebelum membeli obat untuk sakit kepala yang Anda alami, sebaiknya cobalah cara alami dulu untuk menyembuhkan sakit kepala Anda. Cara yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Hal itu dikarenakan sakit kepala yang terjadi pada ibu menyusui biasanya diakibatkan oleh dehirasi tubuh.
    Cara yang kedua adalah dengan memakan buah-buahan yang segar. Dengan memakan buah yang segar, kemungkinan besar akan meredakan sakit kepala Anda dan bagus untuk ASI Anda.
    Cara yang ketiga adalah dengan menyempatkan diri Anda untuk beristirahat. Biasanya salah satu hal yang bisa menyebabkan ibu menyusui mengalami sakit kepala adalah karena kurang istirahat. Jadi jika bayi Anda sedang tidur, gunakanlah kesempatan itu untuk beristirahat juga.

Itulah beberapa tips bagi ibu menyusui yang mengalami sakit kepala. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. Ahmad 24/02/2017

Leave a Reply