Hikmah Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Assalamu’alaikum sahabat. Bagaimana kabar kalian hari ini? Saya harap kalian baik-baik saja dan tetap bersemangat dalam menjalani hari ini. Di hari yang baru ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang puasa sunnah dimana di artikel ini saya akan membahas tentang puasa senin kamis. Baiklah tanpa basa basi lagi saya akan langsung mulai pembahasannya.

Puasa senin kamis merupakan salah satu puasa yang utama setelah puasa daud. Mengapa diberi nama puasa senin kamis? Karena puasa senin kamis ialah puasa yang dianjurkan Rasulullah SAW kepada ummatnya yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis.Bagi sahabat yang belum mampu melakukan puasa daud, puasa senin kamis bisa menjadi solusi yang juga tidak kalah istimewanya dengan puasa daud. Puasa senin kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah dari Abu Hurairah,” Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari senin dan kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari senin dan kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, “Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad).

Dalil-Dalil yang Berkaitan dengan Puasa Senin Kamis

Seperti halnya puasa daud, puasa senin kamis juga mempunyai beberapa dalil pendukung sehingga bisa membuat kita lebih tenang dalam melaksanakan amalan ini tanpa perlu khawatir tentang keabsahannya. Dalil-dalil tersebut antara lain :

Dari Abu Qatadah ra, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang puasa senin. Maka beliau menjawab,”Hari senin adalah hari kelahiranku, dan hari dimana aku mulai diutus atau hari dimana wahyu pertama kali diturunkan padaku.” (HR. Muslim).

Dan dalam riwayat lain juga disebutkan, Rasulullah SAW bersabda : “Seluruh amal diangkat pada hari senin dan kamis, maka aku lebih menyukai saat diangkat amal tersebut aku berada dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Nasa’I dan lainnya).

“Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari senin dan kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani).

“Rasulullah saw sering berpuasa pada setiap bulannya (minggu pertama) pada hari Kamis dan hari Senin. Pada minggu kedua berpuasa hari Senin.” (HR An-Nasa`I dari Hafsah ra).

Hikmah yang Terdapat dalam Puasa Senin Kamis

www.ayat-kursi.com

www.ayat-kursi.com

Puasa senin kamis juga mengandung banyak hikmah dan keistimewaan di dalamnya sehingga Rasulullah dan sahabatnya selalu mengerjakan amalan tersebut. Salah satu hikmah yang terdapat di dalamnya yaitu hikmah yang berdasarkan beberapa riwayat diatas dan menunjukkan adanya sisi-sisi keistimewaan yang dimaksud. Misalnya, berkaitan dengan hari lahir dan wafatnya kekasih Allah, Muhammad saw, hari pelaporan amal ibadah, hari pembukaan pintu surga, serta merupakan hari yang diberkahi oleh Allah SWT.

Sebagai amalan sunnah, tentu saja puasa senin kamis ini memiliki posisi yang penting di mata Allah SWT. Allah akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Amal kebaikan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat.

Hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam sebuah hadits Qudsi :

“Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat.”(HR. Bukhari dan Abu Daud).

Kata puasa dalam hadits di atas mengandung makna secara umum, maksudnya adalah puasa sunnah maupun wajib, termasuk puasa senin kamis ini. Inilah puasa yang disyariatkan oleh Rasululah SAW untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seseorang.

Keutamaan lain dari hari senin dan kamis secara umum dijelaskan dalam sabda Rasulullah berikut ini, yang artinya, “Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Puasa senin kamis juga memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh kita. Banyak penelitian yang menyebutkan, dengan merutinkan diri berpuasa senin kamis, bisa membuat kita awet muda dan segala toksin yang ada dalam tubuh akan bersih dengan sendirinya. Jadi tidak heran jika orang yang ahli puasa akan kelihatan lebih sehat dan segar dibandingkan orang-orang yang seumurnya.

Semoga semua hal yang saya paparkan diatas bisa menjadi pelecut semangat para sahabat sekalian untuk mulai menghidupkan sunnah puasa senin kamis. Demikian sahabat informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua aamiin. Wassalamu’alaikum sahabat.

Leave a Reply