Jenis Cuka Apel yang Halal Dikonsumsi Oleh Umat Islam

Kebanyakan orang khususnya orang yang awam tentang masalah agama Islam, bertanya – tanya tentang halal tidaknya mengonsumsi cuka. Sebenarnya ada perbedaan pendapat mengenai halal tidaknya cuka atau yang juga biasa dikenal dengan vinegar ini. Namun jangan khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan menginformasikan kepada Anda tentang hukum mengonsumsi cuka.

Mungkin diantara Anda masih ada yang belum mengetahui bahwa ternyata cuka atau vinegar ini sudah ada dan terkenal di zaman Rasulullah SAW masih hidup dulu. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan salah satu hadits shahih yang diriwayatkan oleh imam Muslim yang berbunyi: Dari Jabir bin Abdullah RA dia berkata, “Suatu ketika saya sedang duduk di rumah, tiba – tiba Rasulullah SAW lewat dan memberi isyarat kepada saya, kemudian saya berdiri dan menghampiri beliau. Beliau lalu memegang tangan saya (mengajak saya pergi dengan beliau). Kami pun berjalan hingga sampai ke rumah salah satu istri beliau. Beliaupun masuk dan mempersilakan saya untuk masuk juga, oleh karena itu saya pun masuk ke dalam rumah. Beliau bertanya pada istrinya, “Adakah makanan yang bisa kamu sediakan?” Mereka menjawab, “Ada”, maka dibawalah 3 buah roti yang kemudian dihidangkan di depan Rasulullah SAW. Beliaupun mengambil satu dan dipegangnya, lalu mengambil satu roti lagi dan diletakkannya di tangan saya. Setelah itu roti yang ketiga dipatahkannya menjadi dua yang mana separuh diambil beliau dan separuhnya lagi diletakkan di tangan saya. Lalu beliau bertanya, “Apa tidak ada sambal?”, mereka menjawab, “Tidak ada apapun selain cuka”. Beliau berkata, “Bawalah kesini, sambal cuka enak juga”. (HR. Muslim).

Reps Indonesia

Reps Indonesia

Yang menjadi masalah disini adalah apakah cara pembuatan cuka di zaman Rasulullah SAW sama dengan cuka di zaman sekarang? Jawabannya adalah sama saja. Karena setelah diteliti ternyata cuka hanya bisa dihasilkan dengan menggunakan dua proses fermentasi yang tidak dapat dipisahkan yaitu fermentasi alkohol dan fermentasi asetat. Dengan kata lain, cara membuat cuka adalah dengan menggunakan fermentasi alkohol dan dilanjutkan dengan fermentasi asetat.

Untuk pemesanan cuka apel yang halal silakan kunjungi link berikut: Jual Cuka Apel

Yang menjadikan dasar penentuan halal haramnya cuka adalah dengan melihat dari bahan dasar apa cuka tersebut dibuat. Bila cuka dibuat dari bahan yang halal seperti apel, nira kelapa, gula atau malt maka secara otomatis cuka yang dihasilkan halal untuk dikonsumsi. Tapi jika bahan dasar cuka dibuat dari minuman keras (khamr) seperti wine atau cider. Maka cuka tersebut haram untuk dikonsumsi.

Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Anas bin Malik RA bahwa sesungguhnya Abu Thalhah bertanya pada Nabi SAW tentang anak yatim yang mewarisi khamr. Lalu Rasulullah SAW menjawab, “Buanglah khamr tersebut”. Abu Thalhah berkata, “Apa boleh saya mengolahnya menjadi cuka?” Beliau menjawab, “Tidak boleh”. (HR. Abu Daud)

Menurut ibnu Qayyim, hadits tersebut menjelaskan bahwa khamr yang diubah menjadi cuka dengan tangan manusia maka hukumnya haram. Dan menurut Imam malik jika khamr berubah menjadi cuka dengan sendirinya (alami) maka halal untuk dikonsumsi.

Hukum Mengonsumsi Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu jenis cuka yang memiliki banyak khasiat terhadap tubuh manusia. Sejak ratusan tahun yang lalu cuka apel sudah dikenal di tanah Eropa. Cuka apel sendiri merupakan pengembangan dari berbagai pengolahan yang dilakukan terhadap buah apel.

Karena banyaknya manfaat yang bisa diberikan oleh cuka apel terhadap manusia inilah cuka apel menjadi produk yang laris manis di pasaran. Namun ternyata kehalalan cuka apel juga banyak ditanyakan oleh masyarakat.

Setelah diteliti, cuka apel ada dua jenis. Yang pertama adalah cuka apel yang terbuat dari sari apel murni yang mana sudah pasti halal untuk dikonsumsi. Dan yang kedua adalah cuka apel yang dibuat dari apple cider yang mana cider termasuk ke dalam kategori khamr karena mengandung alkohol sebanyak 5,86%. Jadi secara tidak langsung, cuka apel yang terbuat dari apple cider ini haram untuk dikonsumsi oleh umat Islam.

Itulah hukum cuka apel yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply