Cara Jitu Untuk Menyembuhkan Cedera Lutut

Cedera lutut merupakan cedera yang biasanya sering dialami seseorang ketika melakukan kegiatan olahraga. Cedera lutut bisa terjadi biasanya dikarenakan ligament yang menjadi penghubung antara tiga tulang pada lutut mengalami gangguan baik ringan atau berat ketika seseorang sedang melakukan suatu aktivitas. Oleh karenanya sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui bagaimana cara menyembuhkan cedera tersebut. Bahkan ada juga cara untuk mencegah agar cedera lutut tersebut terjadi pada kita.

Penyebab Terjadinya Cedera Lutut

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menyembuhkan dan mencegah cedera lutut, alangkah baiknya kalau Anda mengetahui dulu apa saja yang bisa menyebabkan cedera lutut bisa terjadi pada seseorang. Karena dengan mengetahui lebih dulu tentang apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya cedera lutut, tentunya Anda akan lebih waspada dan hati-hati dalam melakukan suatu aktivitas apapun.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan cederanya lutut seseorang:

  1. Salah tumpuan ketika mendaratkan kaki saat melompat. Apabila Anda melompat dan mendaratkan kaki dengan menggunakan posisi lutut yang tertekuk akan menyebabkan terjadinya benturan pada lutut dan bisa membuat tempurung lutut bisa cedera.
  2. Mendadak berhenti ketika sedang berlari cepat. Hal itu akan menyebabkan terjadinya shock pada persendian lutut.
  3. Terjadi benturan keras pada lutut.
  4. Memberikan beban yang berlebihan kepada kaki secara tiba-tiba.
  5. Mengalami trauma yang disebabkan karena kecelakaan.
  6. Mempunyai berat badan yang berlebihan. Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan akan lebih sering mengalami cedera lutut. Hal itu disebabkan karena lutut tidak mampu untuk menopang berat tubuh tersebut sehingga akan menyebabkan ketidakseimbangan pada fungsi kerja lutut.

Gejala Cedera Lutut

wikiHow

wikiHow

Dalam upaya menyembuhkan cedera lutut, alangkah baiknya dilakukan ketika cedera tersebut masih belum parah atau ketika masih baru terjadi cedera. Hal itu akan memudahkan proses penyembuhan cedera lutut tersebut dan biasanya lutut akan lebih cepat sembuh jika langsung ditangani ketika masih baru cedera.

Agar bisa melakukan hal itu, Anda harus mengetahui lebih dahulu gejala apa saja yang menandakan bahwa seseorang itu mengalami cedera lutut. Dengan mengetahui gejalanya, kemungkinan besar proses penyembuhannya akan lebih mudah dan dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Berikut ini beberapa gejala cedera lutut yang biasanya sering dirasakan oleh para penderitanya:

  1. Lutut mengalami rasa nyeri yang hebat.
  2. Kaki mengalami kekakuan dan sulit untuk digerakkan.
  3. Di bagian yang cedera akan mengalami perubahan warna, biasanya akan berubah menjadi warna kemerahan atau kebiruan.
  4. Terjadinya pembengkakan di bagian yang cedera.
  5. Kaki akan terasa berbeda dari biasanya dan gerakannya menjadi tidak stabil.

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut

Langkah selanjutnya untuk menyembuhkan cedera lutut yang Anda alami adalah dengan memberikan pertolongan pertama pada lutut Anda. Apa saja tindakan pertolongan pertama tersebut? Berikut ini beberapa rinciannya:

  1. Sangat dianjurkan kepada penderita cedera lutut untuk langsung istirahat secara total dari segala aktivitas hariannya. Hal tersebut dilakukan agar cederanya tidak bertambah parah.
  2. Selonjorkan kaki ketika duduk atau berbaring di tempat tidur. Posisi kaki harus lebih tinggi dari posisi badan Anda. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terhindar dari bertambah parahnya cedera Anda. Karena jika lutut dibiarkan tertekuk bisa memperparah cedera lutut Anda.
  3. Perbanlah lutut Anda dengan memakai perban elastis. Hal itu untuk mencegah pembengkakan pada bagian yang cedera.
  4. Bila sudah terlanjur bengkak, maka kompreslah bagian yang bengkak tersebut dengan air es atau es batu sampai bengkaknya hilang.
  5. Minum obat kinesio tape untuk membantu mempercepat kesembuhan lutut Anda. Carilah toko online atau apotek yang jual kinesio tape untuk membelinya dan tanyakanlah cara menggunakannya kepada penjual obat tersebut.
  6. Minumlah obat untuk meredakan nyeri dan pembengkakan yang terjadi pada lutut Anda.
  7. Bila cedera Anda belum juga membaik setelah melakukan hal di atas, maka pergilah ke dokter ahli untuk mendapatkan terapi cedera.

itulah beberapa cara jitu untuk menyembuhkan cedera lutut. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. Ahmad 24/02/2017

Leave a Reply