Cara Bermain Catur bagi Para Pemula

Salah satu cara untuk mempercepat berjalannya waktu adalah dengan bermain catur. Dengan bermain catur, waktu akan terasa cepat berlalu tanpa kita sadari. Apalagi jika kita bermain dengan sahabat-sahabat kita yang juga mahir dalam bermain catur. Pasti akan terasa lebih menyenangkan.

Cara bermain catur yang pertama kali sampai saat ini masih belum jelas. Yang jelas cara bermain catur yang akan saya jelaskan disini merupakan cara bermain di zaman sekarang. Permainan catur merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain dengan cara mengontrol dan menjalankan pasukan-pasukan catur yang berada diatas sebuah papan persegi dengan 64 petak.

Masing-masing pemain memiliki 16 buah pasukan yang terdiri dari 1 raja, 1 menteri, 2 luncur, 2 kuda, 2 benteng dan 8 pion. Misi utama dari permainan ini adalah melindungi raja kita dari serangan lawan dan disamping itu berusaha membunuh raja lawan dengan mencari cara untuk menskakmat sang raja. Skakmat ialah keadaan dimana sang raja dalam keadaan terancam oleh pasukan lawan dan tidak bisa meloloskan diri dari ancaman itu.

Sebelum dilanjutkan, kami mengumumkan kepada Anda bahwa kami menyediakan jasa jual nutrisi hidroponik bagi Anda yang mempunyai tanaman hidroponik di rumah.

Pergerakan Pasukan Catur

pixabay.com

pixabay.com

Permainan ini dimainkan dengan satu kali melangkah secara bergantian dengan lawan. Artinya dalam satu giliran, kita hanya bisa menjalankan satu buah catur. Dan setiap jenis pasukan memiliki cara melangkah yang berbeda-beda. Berikut ini akan saya jelaskan cara bergerak para pasukan catur :

  1. Raja

Raja merupakan hal yang terpenting di dalam pasukan. Percuma kita asyik menyerang dan menang jumlah pasukan, tapi pada akhirnya raja kita terbunuh, sehingga secara otomatis kita kalah dalam permainan ini.

Pergerakan sang raja terbatas hanya satu petak tapi bisa menuju ke segala arah termasuk diagonal dan tidak boleh melompati pasukan lain.

  1. Menteri

Menteri merupakan pasukan terpenting kedua di bawah sang raja. Dan sang menteri merupakan pasukan terkuat dalam permainan ini dan bahkan lebih kuat dari sang raja.

Hal itu dikarenakan sang menteri juga bisa bergerak ke semua arah dan tanpa ada batasan petak. Hanya saja sang menteri juga tidak bisa melompati pasukan yang lain.

  1. Luncur

Luncur terbagi menjadi dua yaitu luncur hitam dan luncur putih. Sang luncur putih hanya bisa bergerak secara diagonal pada petak berwarna putih saja dan tanpa ada batasan petak, sedangkan luncur hitam cara pergerakannya sama seperti luncur putih tapi terbatas hanya pada petak berwarna hitam.

  1. Kuda

Sang kuda merupakan satu-satunya pasukan yang boleh melompati pasukan lainnya. Dan cara pergerakannya yaitu dengan membentuk huruf L yang berarti memanjang 2 petak dan melebar 1 petak dalam sekali bergerak.

  1. Benteng

Sang benteng bisa bergerak secara vertikal dan horizontal tanpa ada batasan petak, tapi tetap tidak boleh melompati pasukan yang lain.

  1. Pion

Pion merupakan pasukan yang bisa dianggap paling lemah dalam permainan ini. Tapi jika posisi bidak bisa saling melindungi satu sama lainnya, maka hal ini merupakan posisi bertahan yang paling kuat. Dan cara memakan sang pion berbeda dengan cara melangkahnya.

Sang pion memakan pasukan lawan secara diagonal kedepan dan cara melangkahnya hanya kedepan, itupun dibatasi hanya 1 petak dan boleh melangkah 2 petak waktu pertama kali melangkah.

  1. Rokade

Rokade merupakan langkah khusus dalam permainan catur dan hanya bisa dilakukan oleh raja dan benteng. Tapi untuk melakukan ini ada syaratnya, yaitu :

  • Raja dan benteng tidak pernah digerakkan sebelumnya
  • Diantara keduanya tidak ada pasukan lain
  • Raja tidak dalam keadaan skak
  1. Skak

Skak merupakan keadaan dimana sang raja berada dalam posisi terancam oleh salah satu pasukan lawan. Tapi hal ini bukanlah akhir dari permainan. Hal ini masih bisa dihindari dengan cara memakan pasukan tersebut atau pindah menjauhi pasukan yang mengancam tersebut.

  1. Skakmat

Inilah baru akhir dari permainan catur. Skakmat merupakan keadaan dimana sang raja dalam keadaan di skak dan tidak bisa memakan si pengancam serta tidak bisa kabur kemana-mana.

Setelah mengetahui cara pergerakan masing-masing pasukan dan semua pergerakan yang ada dalam permainan catur, berarti sahabat telah menguasai separuh ilmu yang ada dalam permainan ini. Dan separuh ilmu sisanya merupakan strategi atau taktik yang akan digunakan sewaktu bermain, bisa sahabat dapatkan dari pengalaman dan jam terbang bermain sahabat sekalian. Selamat mencoba ya sahabat.

Leave a Reply